√ Koperasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Modalnya Lengkap

Diposting pada
√ Koperasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Modalnya Lengkap
5 (100%) 9 vote[s]

√ Koperasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Modalnya LengkapHallo semuanya, kembali lagi di sarjanaekonomi.co.id , di artikel kali ini kami akan membahas mengenai koperasi . apakah sebelumnya kalian sudah mengetahui apa itu koperasi ? , jika belum artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian karena di artikel ini kalian bisa memahami secara lengkap.

Pengertian Koperasi :

Koperasi adalah suatu badan usaha yang dimiliki dan dioperasikan oleh para anggotanya untuk memenuhi kepentingan dan mencapai tujuan bersama di bidang ekonomi.

Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli:

Supaya kalian memehami pengertian dari koperasi , berikut adalah beberapa pengertian koperasi dari para ahli:

 

1. Arifinal Chaniago

Menurut Arifinal Chaniago, pengertian koperasi adalah sebuah perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerja sama secara kekeluargaan dan menjalankan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para anggotanya.

 

2. Hatta

Bapak Koperasi Indonesia yang satu ini mengatakan bahwa pengertian Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib kehidupan dibidang ekonomi berdasarkan tolong-menolong.

 

3. Munkner

Menurut Munkner, pengertian koperasi adalah organisasi tolong-menolong yang menjalankan ‘urusniaga’ secara kumpulan, yang berdasarkan konsep tolong-menolong. Aktivitas dalam urusniaga semata-mata bertujuan dibidang ekonomi, bukan sosial seperti yang dikandung gotong-royong.

 

4. P. J. V. Dooren

Menurut P. J. V. Dooren, serikat koperasi adalah sebuah asosiasi anggota, baik pribadi atau perusahaan, yang telah secara sukarela untuk datang bersama-sama dalam mengejar tujuan ekonomi secara umum.

 

5. UU No. 25 / 1992

Menurut UU No. 25 / 1992, Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiataannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.

6. Undang Undang No. 17 Tahun 2012 pasal 1
Koperasi adalah badan hukum atau perusahaan yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip dari koperasi.

 

 

Tujuan Koperasi:

Tujuan pembentukan koperasi adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Adapun beberapa tujuannya yaitu:
  • Untuk meningkatkan garis taraf hidup anggota koperasi dan masyarakat.
  • Untuk membantu kehidupan para anggota koperasi dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  • Membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.
  • Koperasi berperan serta dalam membangun perekonomian nasional.

 

 

Fungsi Koperasi

Menurut Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 pasal 4 adalah sebagai berikut:

  • Membangun dan meningkatkan potensi ekonomi para anggota dan juga masyarakat secara umum, sehingga kesejahteraan sosial dapat terwujud.
  • Koperasi memiliki peran aktif dalam meningkatkan kualitas hidup anggota dan masyarakat.
  • Memperkuat perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan ekonomi nasional dimana koperasi menjadi pondasinya.
  • Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang lebih baik melalui usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

 

 

Jenis-Jenis Koperasi:

Dibawah ini adalah beberapa jenis kopersi menurut fungsinya dan berdasarkan Undang-Undang No.17 tahun 2012:

 

1.Koperasi Konsumen

koperasi jenis ini diperuntukkan untuk para konsumen barang dan jasa. Biasanya, mereka menjual berbagai kebutuhan harian seperti kelontong atau sebagainya sehingga sekilas tampak seperti toko .

 

2.Koperasi Produsen

Sesuai dengan namanya, koperasi ini diperuntukkan bagi produsen barang dan jasa. Koperasi ini menjual barang produksi anggotanya.

 

3.Koperasi Jasa

Koperasi jasa hampir sama dengan koperasi konsumen, tetapi yang disediakan oleh koperasi ini adalah kegiatan jasa atau pelayanan bagi anggotanya.

 

4.Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam ini memberikan pinjaman kepada anggotanya. Koperasi ini bertujuan untuk membantu anggotanya yang membutuhkan uang dalam jangka pendek dengan syarat yang mudah dan bunga yang rendah tentunya.

 

5.Koperasi Serba Usaha

Beberapa koperasi menyediakan beberapa layanan sekaligus. Misalnya, selain menjual barang kebutuhan konsumen, koperasi tersebut juga menyediakan jasa simpan pinjam. Koperasi seperti ini disebut sebagai Koperasi Serba Usaha (KSU).

 

 

Modal-Modal Koperasi:

Modal digunakan untuk membeli barang dagangan atau alat-alat produksi. Modal biasanya bisa didapat dari dua sumber, yaitu dari sumber anggotanya sendiri (internal) dan sumber dari luar (eksternal).

 

1. Modal Internal Koperasi

Modal internal yaitu modal yang bersumber dari pihak internah atau anggotanya sendiri, berikut sumber modalnya:

  • Simpanan pokok. Simpanan pokok dibayarkan selama satu kali saat mendaftar sebagai anggota dan besarannya sudah ditentukan koperasi. Simpanan ini tidak bisa diambil selama masih menjadi anggota koperasi.
  • Simpanan wajib. Simpanan wajib dibayarkan setiap bulan dengan besaran yang sudah ditentukan koperasi. Simpanan ini tidak bisa diambil selama masih menjadi anggota koperasi.
  • Simpanan sukarela. Simpanan ini sifatnya sukarela,dan begitu pula dengan jumlahnya. Simpanan ini dapat diambil kapan saja.
  • Dana cadangan. Dana cadangan adalah bagian dari SHU (Sisa Hasil Usaha) yang tidak dibagikan kepada anggotanya. Jumlahnya sesuai dengan kesepakatan saat rapat anggota koperasi.

2. Modal Eksternal Koperasi:

Modal eksternal adalah modal yang bersumber dari luar ataupun dari pihak lain, berikut aadalah sumbernya:

  • Hibah. Hibah adalah pemberian dari pihak lain untuk koperasi. Hibah dapat berupa uang, lahan, ataupun barang-barang untuk modal.
  • Pinjaman. Koperasi dapat meminjam modal dari pihak lain, seperti bank, untuk memenuhi kebutuhan modal.
  • Sumber lain yang sifatnya sah

 

 

Dari penejelasan artikel diatas √ Koperasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Modalnya Lengkap pastinya kalian sudah memahami apa itu koperasi, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian yaa, terima kasih telah mengunjungi sarjanaekonomi.co.id

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap
Baca Juga :  √ Piutang : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Pengelolaan dan Ciri Terlengkap
Baca Juga :  √ Perilaku Konsumen : Pengertian, Jenis, Proses & Faktornya Lengkap
Baca Juga :  √ Kemasan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Sistem : Pengertian Para Ahli, Unsur dan Elemen Terlengkap