√ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap

Diposting pada
√ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap
5 (100%) 10 votes

√ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id pada pembahasan kali ini akan membahas tentang Manajemen Pendidikan. Mulai dari pengertian, fungsi, ruang lingkup, tujuan, serta subjeknya secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

√ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap
√ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap

 

 

Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan yakni salah satu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yang mana hal itu bisa berupa man, money, materials, method, machines, market, dan segala hal untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu juga membutuhkan sebuah rancangan dan perencanaan yang matang sebelumnya. Itulah yang disebut juga dengan manajemen.

 

 

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

 

1. Mulyani A. Nurhadi

Manajemen Pendidikan yaitu untuk dapat menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian manajemen pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut ini :

  • Manajemen adalah salah satu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia.
  • Rangkaian dari kegiatan tersebut merupakan salah satu proses dari pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya komplek dan unik yang berbeda dengan tujaun perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, serta tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah diterapkan oleh suatu bangsa.
  • Proses pengelolalan itu dapat dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlihat dalam suatu kegiatan pendidikan itu.
  • Proses itu dapat dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi suatu tujuan yang bersifat umum “skala tujuan umum” dan yang ditimbang oleh tiap-tiap organisasi pendidikan “skala tujuan khusus”
  • Proses pengelolaan itu dapat dilakukan supaya tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.

 

2. Soebagio Atmodiwirio

Manajemen Pendidikan adalah suatu proses untuk dapat melakukan perencanaan, melakukan organisasi untuk memimpin dan untuk dapat melakukan pengendalian. Karena pada menejemen ini harus dilakukan dalam dunia kependidikan, maka fokusnya dilakukan oleh para tenaga pendidik serta sumber daya dari pendidikan itu sendiri untuk mencapai tujuan pendidikan.

 

3. Kamus Bahasa Belanda-Indonesia

Manajemen Pendidikan disebutkan bahwa istilah manajemen berasal dari kata administratie yang berarti tata-usaha. Dalam pengertian manajemen tersebut, administrasi menunjuk pada pekerjaan tulis-menulis di area kantor. Pengertian inilah yang menyebabkan timbulnya sebuah contoh-contoh keluhan kelambatan manajemen yang sudah disinggung, karena manajemen dibatasi lingkupnya sebagai pekerjaan tulis-menulis.

 

4. Mulyasa

Manajemen Pendidikan yakni segala sesuatu yang berkenaan dengan proses pengelolaan sebuah proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah, maupun tujuan jangka panjang.

 

5. Sagala

Manajemen Pendidikan yaitu salah satu dari penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan manajemen dalam pembiaan, pengembangan dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan. Manajemen pendidikan ialah sebuah aplikasi prinsip, konsep dan teori manajemen dalam kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

 

6. H. A. R Tilaar

Manajemen Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang mengimplementasikan suatu perencanaan atau rencana pendidikan.

 

7. Daryanto

Manajemen Pendidikan yaitu suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangkah usaha mencapai suatu tujuan pendidikan yang efektif.

 

8. Gaffar

Manajemen Pendidikan merupakan suatu proses kerja sama yang sistematis, sistemik dan koprehensif dalam rangka mewujudkan suatu tujuan pendidikan nasional.

 

9. Stephen J. Kneziech

Manajemen Pendidikan adalah sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk dapat menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui sebuah perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif, serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan.

 

10. Purwanto Dan Djojopranoto

Manajemen Pendidikan yakni suatu usaha bersama yang dilakukan untuk dapat mendayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang , bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai suatu tujuan pendidikan serca efektif dan efisien.

 

11. Hadawi Nawawi

Manajemen Pendidikan merupakan berbagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengedalian uasa kerjasama sekelompok orang untuk dapat mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.

 

12. Dasuqi Dan Somantri

Manajemen Pendidikan adalah suatu upaya menerapkan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.

 

13. Engkoswara

Manajemen Pendidikan yaitu salah satu dari ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.

 

14. W. Haris

Manajemen Pendidikan ialah suatu proses pengintegrasian segala usaha pendayagunaan sumber-sumber personalian dan materian sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan secara efektif pengembangan kualitas manusia.

 

15. Djam’an Satori

Manajemen Pendidikan merupakan keseluruhan proses dari kerjasama dengan dapat memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

 

16. Hasibuan

Manajemen Pendidikan yang berfungsi untuk mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

 

17. Made Pidarta

Manajemen Pendidikan merupakan sebuah kegiatan memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

 

18. Biro Perencanaan Depdikbud

Manajemen Pendidikan yakni suatu proses perencaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk dapat mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskankehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki sebuah pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.

 

19. Oemar Hamalik

Manajemen Pendidikan ialah untuk dapat menyatukan beberapa unsur dalam pendidikan dan kemudian mencoba untuk dikembangkan dan fokus untuk mencapai pada tujuan dari manajemen pendidikan itu sendiri.

 

20. Sutisna

Manajemen Pendidikan ialah keseleruhan proses yang membuat suatu sumber-sumber personil dan materril sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan sebuah fungsi-fungsi dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang.

 

21. Syarif

Manajemen Pendidikan merupakan segala usaha bersama untuk dapat mendayagunakan sumber-sumber personil maupun materil secara efektif dan eifisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.

 

22. B. Suryosubroto

Manajemen Pendidikan adalah suatu usaha untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana kemampuan yang dimiliki oleh seorang administrator pendidikan untuk menjalanlan segala pencapaian tujuan pendidikan.

 

23. Redja Mdyaharjo

Manajemen Pendidikan yakni suatu proses untuk bisa mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan, seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan dan sebagainya untuk bisa mencapai tujuan pendidikan.

 

24. DR. H Muhaimin, Hj. Suti’ah Mpd dan Sugeng Listyo Prabowo Mpd

Manajemen Pendidikan merupakan sebagai salah satu seni dan ilmu pengelolaan sumber daya pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

 

25. Zainal Aqib

Manajemen Pendidikan yaitu keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan sumber daya manusia dalam rangka untuk dapat mencapai tujuan instruksional pendidikan.

 

26. Encyclopedia Americana

Manajemen Pendidikan yakni manajemen bukan hanya sebagai pengaturan yang terkait dengan pekerjaan tulis-menulis, tetapi pengaturan dalam arti luas.

 

27. Kurikulum 1975

Manajemen Pendidikan yaitu salah satu usaha bersama guna mendayagunakan semua sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Ini disebutkan dalam sebuah Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum III D dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

 

28. Prof. H. Mahmud Yunus

Manajemen Pendidikan merupakan suatu usaha yang dipilih untuk dapat mempengaruhi dan membantu anak-anak yang memiliki tujun untuk meningkatkan pengetahuan, jasmani serta akhhlak yang akan diarahkan kearah yang benar dan sesuai dengan cita-citanya.

 

29. Redja Mudyahardjo

Manajemen Pendidikan yakni mencakup sub-sub komponen yang terdiri atas :

  • Perencanaan.
  • Sistem Pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan.
  • Organisasi.
  • Administrasi.
  • Keuangan.
  • Tenaga pendidik.
  • Sistem Evaluasi.
  • Penelitian.

 

 

Tujuan Manajemen Pendidikan

Tujuan dari proses manajemen ppendidikan adalah sebagai berikut ini :

 

1. Efisiensi Penggunaan Sumber Daya

Melalui manajemen pendidikan dapat diharapkan pengelolaan sumber daya yang tersadar dapat digunakan secara efisien karena sebelumnya telah direncanakan terlebih dahulu. Sumber daya yang terkait contohnya yaitu anggaran, waktu, dan tenaga kerja.

 

2. Efektif Dalam Peraihan Tujuan

Melalui fungsi manajemen yang baik dan dilakukan secara berkelanjutan maka suatu lembaga maupun pihak yang berada di dalam manajemen pendidikan mampu mengefektifkan suatu kegiatan atau program serta sumber daya yang dikelola dalam pencapaian tujuan pendidikan.

 

3. Fokus Pada Tujuan Pendidikan

Pendidikan di suatu wilayah selalu berhubungan dengan suatu tujuan pendidikan nasional. Melalui kegiatan manajemen maka suatu kegiatan manajemen di setiap lembaga pendidikan ini di tiap wilayah akan dapat difokuskan atau disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional.

 

4. Menjadi Supporting System Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan

Hal yang menjadi konsep dasar dari manajemen pendidikan yaitu menjadi sebuah sistem yang selalu mendukung dalam pencapaian tujuan pendidikan melalui berbagai aktivitasnya.

 

Secara umum tujuan dari manajemen pendidikan yaitu sebagai berikut ini :

  • Mewujudkan sebuah suasana belajar dan proses belajar yang efektif, aktif, kreatif, bermakna, dan menyenangkan.
  • Terwujudnya pelajar yang aktif dalam pengembangan diri sehingga memiliki suatu kekuatan spiritual keagamaan, kontrol diri, kecerdasan, kepribadian yang baik, ahlak yang mulia, dan keterampilan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Untuk dapat memenuhi satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.
  • Supaya suatu tujuan pendidikan tercapai dengan efektif dan efisien.
  • Citra positif pendidikan yang semakin meningkat.
  • Meningkatkan suatu mutu pendidikan.
  • Terwujudnya suatu perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel.
  • Tenaga pendidik yang mendapat bekal pengetahuan tentang proses dan tugas administrasi pendidikan.

 

 

Objek Manajemen Pendidikan

 

1. Man ( Sumber Daya Manusia )

Man atau disebut juga manusia adalah salah satu unsur terpenting yang perlu dikelola dalam manajemen pendidikan, pengelolaan yang biasa dilakukan misalnya dengan mengorganisasikan manusia dengan melihat apa yang menjadi keahlian orang tersebut.

 

2. Money ( Fisik dan Materi Sumber Daya )

Money atau uang dimaksudkan untuk dapat mengelola pemdanaan atau pembiayaan secara efisien sehingga tidak terjadi pemborosan dalam suatu lembaga pendidikan.

 

3. Materials ( Sumber Daya Ide )

Materials atau yang disebut dengan bahan materi merupakan salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam manajemen pendidikan, melalui pengelolaan material maka bisa terbentuk kurikulum yang berisi panduan dasar untuk mentranfer ilmu dari guru ke siswa.

 

4. Method ( Cara )

Pengelolaan metode juga harus dapat dilakukan dengan baik, metode yang digunakan untuk bisa mengajar guru di sekolah satu dengan guru di sekolah lain tidak sama karena tergantung pada kesiapan siswa yang diajar.

 

5. Machines ( Teknologi )

Pengelolaan mesin ini bertujuan untuk dapat mengelola suatu mesin yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar supaya dapat digunakan sebaik mungkin dan tidak cepat mengalami kerusakan, untuk orang yang mengelola mesin biasanya juga harus orang yang benar-benar tau cara merawat mesin tersebut dengan baik.

 

6. Market ( Masyarakat )

Market atau pasar adalah salah satu kunci yang untuk menentukan sekolah atau lembaga pendidikan tersebut menjadi lembaga pendidikan yang besar atau kecil, pasar yang dimaksud adalah masyarakat secara luas, sasaran yang dituju adalah sekelompok masyarakat yang berniat menyekolahkan putra putri mereka.

 

7. Minutes ( Waktu )

Minutes atau juga waktu diperlukan untuk dapat dikelola dengan baik karena waktu belajar peserta didik di sekolah sangat terbatas, sehingga perlu pengelolaan yang baik supaya waktu belajar mengajar menjadi lebih efisien.

 

 

Fungsi dan Peranan Manajemen Pendidikan

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah salah satu proses untuk menyusun tujuan dan sasaran organisasi serta menyusun “peta kerja” yang melibatkan cara pencapaian tujuan.

 

2. Pengorganisasian (Organizing)

Proses dari menghimpun Sumber Daya Manusia, modal, dan peralatan yang dapat dibutuhkan dengan cara yang efektif demi mencapai suatu tujuan.

 

3. Pelaksanaan (Implementation)

Proses dengan menggerakan suatu sumber daya manusia yang ada untuk dapat melakukan kegiatan pencapaian tujuan sehingga efisiensi proses terjadi dan menghasilkan efektivitas hasil kerja.

 

4. Pengawasan (Controlling)

Proses pemberian balikan dan tindak lanjut dari pembandingan antara hasil yang dapat dicapai dengan rencana yang telah dibuat kemudian terdapat suatu tindakan penyesuaian apabila terjadi penyimpangan.

 

 

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

 

1. Wilayah Kerja

Manajemen pendidikan menurut wilayah kerja dibagi menjadi berbagai tingkatan wilayah, diantaranya ialah :

  • Manajemen Pendidikan Seluruh Negara

Merupakan salah satu manajemen pendidikan pada level nasional. Keberjalanan proses pendidikan disini dapat dilaksanakan tidak hanya oleh para pihak sekolah namun pihak luar sekolah termasuk pada penyelenggara berbagai kegiatan pendidikan yang tentu saja skalanya adalah nasional.

  • Satu Provinsi

Manajemen pendidikan satu provinsi juga memiliki ruang lingkup provinsi dimana pelaksana pada proses pendidikan didukung oleh pihak yang berkaitan yang ada di Kabupaten dan Kecamatan.

  • Satu Kabupaten atau Kota

Manajemen pendidikan ini fokus pada suatu wilayah satu kabupaten maupun satu kota saja.

  • Satu Unit Kerja

Proses pendidikan satu unit kerja menitikberatkan pada satu unit kerja yang secara langsung menangani suatu proses pendidikan.

  • Kelas

Manajemen pendidikan dengan sekup terkecil yang secara langsung berhadapan dengan para peserta didik.

 

2. Objek Garapan

Ruang lingkup berdasarkan ojek garapan dapat dibedakan menjadi beberapa hal diantaranya :

  • Manajemen siswa.
  • Manajemen personil-personil dalam sekolah.
  • Kurikulum dalam sekolah.
  • Manajemen prasarana atau material.
  • Manajemen Tata Usaha Sekolah atau Tata Laksana pendidikan.
  • Pengaturan Anggaran pendidikan.
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan.
  • Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi pendidikan.

 

3. Fungsi

Ruang lingkup berdasarkan fungsi atau urutan kegiatannya dapat dibedakan beberapa yaitu :

  • Merencanakan
  • Mengorganisasikan
  • Mengarahkan
  • Mengkoordinasikan
  • Mengkomunikasikan
  • Mengawasai ataupun mengevaluasi

 

4. Pelaksana

Jika dilihat dalam liungkungan suatu kelas guru itu adalah sebagai administator. Guru haruslah dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan manajemen, dengan pengertian bahwa manajemen yaitu sebagai pengelolaan, maka guru bertindak sebagai seorang manajer di kelas yang di pimpinnya.

 

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Manajemen Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Subjeknya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan yang luas bagi ppara pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Manajemen Konstruksi : Pengertian, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Operasional : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Agribisnis : Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Aspek, dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Strategi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Sifat, Cara dan Tahapannya Terlengkap