√ 7 Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli

SarjanaEkonomi.Co.Id Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Akuntansi Pemerintahan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.


√ 7 Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli


1. Abdul Halim

Akuntansi pemerintahan yaitu suatu kegiatan jasa dalam rangka menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan dari entitas pemerintah sebagai pengambilan keputusan ekonomi yang nalar dari pihak-pihak yang berkepentingan atas berbagai alternatif arah suatu tindakan.


2. Revrisond Baswir

Akuntansi pemerintahan yakni berbagai akuntansi (pemerintahan termasuk akuntasi untuk lembaga non-profit pada umumnya) adalah bidan akuntansi yang berkaitan antara lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga yang bertujuan untuk tidak mencari laba.


3. Bachtiar Arif dkk

Akuntansi pemerintahan ialah segala pemberian jasa untuk menyediakan suatu informasi keuangan pemerintah berdasarkan proses pencatatan, pengklasifikasian, penafsiran atas informasi keuangan serta pengikhtisaran suatu transaksi keuangan pemerintah tersebut.


4. Kustadi Arinta

Akuntansi pemerintahan merupakan beberapa sistem akuntansi yang diterapkan di bagian keuangan Negara (public finance), dan khususnya pada tahap pelaksanaan anggaran (budget execution), termasuk pengaruh yang ditimbulkannya, baik yang bersifat seketika atau yang lebih permanen pada seluruh tingkatan dan unit pemerintahan.


5. Arifin Sabeni dan Imam Ghazali

Akuntansi pemerintahan adalah berbagai data akuntansi yang digunakan untuk memberi suatu informasi tentang seluruh transaksi ekonomi serta keuangan yang menyangkut organisasi pemerintahan dan organisasi – organisasi dengan tujuan non profit atau tidak menghasilkan laba.


6. Baswir

Akuntansi pemerintahan sebagai sejenis akuntansi yang berkaitan dengan lembaga – lembaga pemerintahan serta lembaga non profit lainnya yang bertujuan tidak mencari profit atau laba. Meskipun suatu lembaga pemerintahan berskala besar, tetapi jika diukur dengan tolak ukur perusahaan, tergolong ke dalam lembaga mikro.

Baca Juga :  Audit Sistem Informasi

7. PP no 24 tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan atau SAP pasal 1 ayat 5

SAP yakni serangkaian prosedur manual maupun yang terkomputerisasi mulai dari pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan posisi keuangan dan operasi keuangan pemerintah.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 7 Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Send this to a friend