√ 16 Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli

SarjanaEkonomi.Co.Id Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Pendapatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.


√ 16 Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli


1. PSAK No. 23 Paragraf 06 Ikatan Akuntan Indonesia

Pendapatan ialah sebuah arus kas masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas perusahaan yang normal pada suatu periode dimana arus masuk tersebut dapat mempengaruhi pada kenaikan ekuitas yang tidak berasal kontribusi penanam modal.


2. Skousen, Stice dan Stice

Pendapatan yaitu suatu arus masuk atau penyelesaian kewajiban atau kombinasi keduannya dari pengiriman atau produksi barang, memberikan jasa atau melakukan kegiatan lainnya yang merupakan kegiatan utama atau kegiatan centra yang sedang berlangsung.


3. Niswonger

Pendapatan yakni semua kenaikan kotor dalam modal pemiliki yang dihasilkan dari penjualan barang, menjalankan jasa kepada klien atau juga semua aktivitas usaha profesi yang bertujuan mendapatkan penghasilan.


4. Kieso, Warfield dan Weygantd

Pendapatan merupakan segala arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang muncul dari kegiatan normal entitas pada satu periode jika arus masuk itu berakibat terjadinya kenaikan ekuitis yang tidak berasal dari penanam modal.


5. Nafarin

Pendapatan adalah berbagai arus masuk harta dari aktivitas perusahaan menjual barang dan jasa pada satu periode yang mengakibatkan kenaikan modal yang tidak berasal dari penanam modal.


6. Theodurus M. Tuanakotta

Pendapatan sebagai segala hasil dari perusahaan dan menjadi darah kehidupan bagi perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian Kas Menurut Para Ahli

7. Kartikahadi, dkk

Pendapatan yaitu sebuah kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.


8. Greuning, et al.

Pendapatan yakni beberapa aliran masuk bruto dari manfaat ekonomis selama periode, muncul dari kegiatan bisnis normal dan menghasilkan kenaikan ekuitas yang jelas bukan dari kontribusi pemilik ekuitas.


9. Sodikin dan Riyono

Pendapatan ialah salah satu kenaikan manfaat ekonomi selama periode pelaporan dalam bentuk arus masuk atau peningkatan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.


10. Lam dan Lau

Pendapatan merupakan suatu arus masuk bruto dari manfaat ekonomis selama periode berjalan yang muncul dalam serangkaian kegiatan biasa dari sebuah entitas ketika arus masuk dihasilkan dalam penambahan modal, selain yang berkaitan dengan kontribusi pemegang ekuitas.


11. Martani, dkk

Pendapatan adalah berbagai kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan liabilitas yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.


12. John J. Wild

  • Pendapatan menurut Ilmu Ekonomi – Beberapa nilai maksimum yang dapat dikonsumsi oleh seseorang dalam suatu periode dengan mengharapkan keadaan yang sama pada akhir periode seperti keadaan semula.
  • Pendapatan menurut Ilmu Akuntansi – Sebagai segala sesuatu yang spesifik dalam pengertian yang lebih mendalam dan lebih terarah.

13. Zaki Baridwan

Pendapatan ialah suatu kenaikan aktiva suatu badan usaha atau pelunasan utang selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa atau dari kerugian lain yang merupakan kegiatan utama suatu badan usaha.

Baca Juga :  Penjualan Adalah

14. Kuswandi

Pendapatan yaitu segala arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul akibat aktivitas normal perusahaan selama satu periode yang mengakibatkan kenaikan modal dan tidak berasal dari kontribusi penanaman modal.


15. Sofyan Syafri

Pendapatan yakni berbagai kenaikan gross di dalam asset dan penurunan gross dalam kewajiban yang dinilai berdasarkan prinsip akuntansi yang berasal dari kegiatan mencari laba.


16. Dyckman

Pendapatan merupakan beberapa arus masuk atau peningkatan lainnya atas aktiva sebuah entitas atau penyelesaian kewajiban (atau kombinasi dari keduanya) selama satu periode dari pengiriman atau produksi barang, penyediaan jasa, atau aktivitas lain yang merupakan operasi utama atau sentral entitas yang sedang berlangsung.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 16 Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Send this to a friend