√ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap

Diposting pada

√ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Persamaan Dasar Akuntansi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap
√ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap

 

Pengertian Akuntansi

 

Akuntansi yakni sebuah teknik pencatatan keuangan bisnis dengan sebuah metode yang sistematis sekaligus menyeluruh. Menjadi sebuah ilmu yang sedang berdiri sendiri, akuntansi mengadopsi aturan baku dalam pencatatan dan penyajian data keuangan.

 

 

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

 

Persamaan Dasar Akuntansi merupakan sebuah persamaan atau juga rumus dasar yang digunakan dalam setiap perhitungan akuntansi, persamaan dasar akuntansi inilah yang terus dipakai untuk dapat menyelesaikan permasalahan akuntansi lainnya baik dalam lingkup yang sederhana maupun yang lebih rumit.

Pengertian lain dari persamaan akuntansi dasar ini adalah sebuah persamaan yang berhubungan dengan harta, aset, ekualitas dan kewajiban dari pemilik suatu bisnis.

 

 

Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

 

  • Aset (Aktiva)  ialah sebuah sumber daya yang sudah dikuasai oleh pihak perusahaan sebagai akobat dari sebuah peristiwa yang terjadi di masalalu dan di masa depan yang akan memanfaatkan ekonomi dari sumber haraoan yang akan diperoleh suatu perusahaan.
  • Hutang (Kewajiban)  yakni sebuah tanggungjawab suatu perusahaan yang akan terjadi pada saat ini dan yang timbul dari sebuah peristiwa di masa lalu, dan suatu proses penyelesaiannya akan membutuhkan sumber daya perusahaan.
  • Ekuitas (Modal)  yaitu sisa dari sebuah kepentingan yang ada di dalam aktiva yang sudah sesuai dengan perusahaat setelah di kurangi dengan kewajiban.
  • Pendapatan (Revenue)  adalah salah satu aliran yang masuk atau juga peningkatan lain atas aktiva atau penurunan dari kewajiban sebuah perusahaan sebagai akibat yang terjadi dari aktivitas penyerahan, penjualan dan pembuatan sebuah barang, jasa atau aktivitas yang lainnya dan yang juga merupakan berbagai kegiatan utama yang secara terus menerus di lakukan oleh perusahaan.
  • Beban (Expenses)  ialah sebuah arus keluar atau penggunaan lain dari aktiva atau penungkatan kewajiban karena ada suatu penyerahan atau pembuatan barang, jasa atau juga melakukan suatu kegiatan lain yang juga merupakan kegiatan utama yang dapat dilakukan secara terus menerus oleh perusahaan.
  • Prive (Drawing)  adalah sesuatu hal dalam pengambilan aset dari perusahaan yang di lakukan oleh pemilik nya yang akan di gunakan untuk suatu kepentingan pribadinya.

 

 

Pengaruh Transaksi Keuangan terhadap Persamaan Akuntansi

 

  • Suatu transaksi yang dapat memengaruhi harta saja, harta dan utang, harta dan modal, utang dan modal, serta besarnya harta, utang, dan modal.
  • Penambahan atau pengurangan pada aktiva akan selalu timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (utang dan modal).
  • Pendapatan yang akan selalu menambah modal, sedangkan beban akan selalu mengurangi modal.

 

 

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

 

Persamaan dasar akuntansi ini sangat berguna untuk mengetahui tentang perubahan dari kekayaan dalam perusahaan di setiap transaksi yang terjadi.

Selain itu fungsi dari persamaan dasar akuntansi adalah untuk dapat mengetahui beberapa aktiva yang sudah di gunakan dan di belanjakan dalam satu periode akuntansi.

Analisis dari suatu pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi di setiap transaksi yang terjadi maka akan mempengaruhi posisi dari keuangan perusahaan.

Pengaruh yang terjadi pada sebuah transaksi tersebut dapat menambah dan juga dapat mengurangi komponen keuangan pada perusahaan yaitu pada Harta, hutang, dan modal.

 

Perubahan pada suat komponen posisi keuangan ini pada persamaan dasar akuntansi juga dapat di kelompokkan sebagai berikut ini :

  • Pada setiap transaksi yang dapat juga mempengaruhi harta, yang terjadi akibat dari perubahan harta yang sudah diikuti dengan suatu perubahan pada harta dari yang lain tetapi dengan jumlah yang sama.
  • Semua transaksi ini bisa mempengaruhi harta dan hutang dengan jumlah yang sama.
  • Semua transaksi bisa juga mempengaruhi harta dan modal dengan jumlah yang sama.
  • Semua transaksi akan bisa mempengaruhi harta dengan perubahan hutang dan modal dengan jumlah yang sama.

 

 

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

 

1. Keseimbangan Antara Harta dan Modal

Harta merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan sumber pembelanjaan untuk melakukan kegiatan usaha tersebut. Oleh karena itu, harta juga harus sama atau seimbang dengan sumber pembelanjaan.

Sumber pembelanjaan yang dapat diperoleh dari pemilik disebut ekuitas/modal. Keseimbangan atau kesamaan biasanya dinyatakan dalam suatu persamaan yaitu persamaan akuntansi.

Hubungan kedua hal di atas juga dapat dinyatakan sebagai keseimbangan antara harta dan modal, sehingga persamaannya dapat ditulis sebagai berikut ini :

 

HARTA = MODAL

 

2. Harta Sama Dengan Utang Ditambah Modal

Harta sebuah sperusahaan yang digunakan sebagai sumber pembelanjaan dalam kegiatan diperoleh melalui dua sumber, yaitu dari suatu pemilik dan kreditur.

Sumber pembelanjaan dari pemilik disebut juga sebagai ekuitas. Sedangkan sumber pembelanjaan yang diperoleh dari suatu kreditur bagi pemilik akan menjadi suatu kewajiban untuk mengembalikan , hal ini disebut juga sebagai kewajiban atau utang.

Sehingga persamaannya dapat ditulis sebagai berikut ini s:

 

HARTA = UTANG + MODAL

 

Dalam operasi uatu usaha dimungkinkan adanya pendapatan dan beban. Pendapatan adalah sebuah kenaikan harta yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa.

Sedangkan beban adalah sebuah penurunan harta, karena merupakan pengorbanan untuk dapat memperoleh pendapatan. Pendapatan yang mempunyai sifat menambah modal, sedangkan beban mempunyai sifat mengurangi modal.

Dengan demikian pendapatan dan suatu beban akan mempengaruhi keadaan modal dalam perasamaan dasar akuntansi, dapat dicatat dalam komponen modal. Namun, untuk pada pengembangan akuntansi pencatatan pendapatan dan beban dapat dipisahkan dari modal.

Sehingga bentuk persamaan dapat dinyatakan sebagai berikut ini :

 

HARTA = UTANG + MODAL + PENDAPATAN + BEBAN

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dan Macam Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Unsur dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Siklus Akuntansi : Pengertian, Tahapan, Contoh dan Penjelasan Terlengkap