Word of Mouth (WOM)

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Word of Mouth (WOM). Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Word of Mouth (WOM) : Pengertian, Manfaat, Elemen dan Alasan Terlengkap


Pengertian Word of Mouth (WOM)

Word of Mouth atau disingkat dengan WOM merupakan komunikasi dari mulut ke mulut.

Word Of Mouth (WOM) Communication atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan suatu komentar atau rekomendasi yang disebarkan konsumen menurut pengalaman yang didapatkannya dan ini berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan pihak lain.


Pengertian Word Of Mouth (WOM) Menurut Para Ahli

1. The Word of Mouth Marketing Association

Word of Mouth Marketing ialah sebagai seni dan ilmu dalam membangun komunikasi konsumen-konsumen dan konsumen-pemasar yang aktif dan menguntungkan.


2. Sernovitz

Word of Mouth Marketing yaitu memberikan orang alasan untuk membicarakan tentang produk anda dan mempermudah pembicaraan itu terjadi.


3. Sernovitz

Word of mouth sangat efektif karena sumber kepercayaannya yakni datang dari orang yang tidak memperoleh keuntungan dari rekomendasi mereka.


4. Ivanovic dan Colling

Word of Mouth communication merupakan saluran informal dari komunikasi seperti teman dan tetangga, rekan kerja dan anggota keluarga.


5. Hasan

Word of Mouth adalah suatu pujian, rekomendasi dan komentar pelanggan sekitar pengalaman mereka atas layanan jasa atau produk yang betul-betul mempengaruhi keputusan pelanggan atau perilaku pembelian mereka.


6. Kotler dan Keller

Word of mouth mommunication (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal.


7. Lupiyoadi

Word of Mouth merupakan suatu bentuk promosi yang berupa rekomendasi dari mulut ke mulut tentang kebaikan dalam suatu produk.


Manfaat Word of Mouth (WOM)

  • Word of Mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur disaat informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak adanya asosiasi dari orang dengan perusahaan atau produk.
  • Word of Mouth sangat kuat sebab memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung mengenai produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
  • Word of Mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik didalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
  • Word of Mouth bisa menjadi media iklan informal
  • Word of Mouth bisa mulai dari satu sumber bergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
  • Word of Mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu, keluarga atau hambatan fisik lainnya.

Dimensi atau Elemen Word of Mouth (WOM)

1. Talkers (Pembicara)

Talker yaitu suatu kumpulan target dimana mereka yang akan membicarakan suatu merek atau biasa disebut juga influencer.

Talkers bisa siapa saja mulai dari teman, tetangga, keluarga dan lain sebagainya. Selalu ada orang yang antusias untuk berbicara dan mereka yang paling bersemangat menceritakan pengalamannya.


2. Topics (Topik)

Topik berkaitan dengan apa yang dibicarakan oleh talker. Topik ini berhubungan dengan apa yang ditawarkan suatu merek. Seperti tawaran spesial, diskon, produk baru, atau pelayanan yang memuaskan.

Topik yang baik yaitu topik yang simpel, mudah dibawa, dan natural. Seluruh word of mouth memang bermula dari topik yang menggairahkan untuk dibicarakan.


3. Tools (Alat)

Tools merupakan alat penyebaran dari topic dan talker. Topik yang telah ada juga membutuhkan suatu alat yang membantu agar topik atau pesan dapat berjalan.

Alat ini membuat orang mudah membicarakan atau menularkan produk atau jasa perusahaan kepada orang lain.


4. Talking Part (Partisipasi)

Suatu pembicaraan akan hilang jika hanya ada satu orang yang berbicara mengenai suatu produk. Maka perlu adanya orang lain yang ikut serta dalam percakapan agar word of mouth bisa terus berlanjut.


5. Tracking (Pengawasan)

Tracking ialah suatu tindakan perusahaan untuk mengawasi serta memantau respon konsumen.

Hal tersbeut dilakukan agar perusahaan bisa mempelajari masukan positif atau negatif konsumen, sehingga perusahaan bisa belajar dari masukan atau saran tersebut untuk kemajuan yang lebih baik.


Alasan Penggunaan Word of Mouth (WOM)

1. Kepercayaan yang Bersifat Mandiri

Pengambilan keputusan akan mendapatkan keseluruhan, kebenaran yang tidak diubah dari pihak ketiga yang mandiri.


2. Penyampaian Pengalaman

Penyampaian pengalaman ialah alasan kedua mengapa word of mouth begitu kuat. Ketika seseorang ingin membeli produk, maka orang tersebut akan mencapai suatu titik dimana ia ingin mencoba produk tersebut. Secara idealnya, dia ingin mendapat risiko yang rendah, pengalaman nyata dalam menggunakan produk.


3. Orang Menyukai Produk yang Akan Dikonsumsinya

Karena mereka suka, para konsumen akan tertarik untuk membahas produk tersebut. Hal ini menjadi alasan untuk diri mereka berbicara mengenai produk yang dikonsumsinya.


4. Orang Akan Merasa Baik Saat Bisa Berbicara dengan Sesamanya

Pembicaraan mengenai WOM tidak hanya sebatas fitur dari produk namun lebih ke masalah emosi. Saat melakukan WOM, orang bisa terlihat lebih pintar, membantu orang lain, dan merasa dirinya menjadi penting.


5. Komunikasi WOM Membuat Perasaan Terhubung dalam Suatu Kelompok

Membicarakan produk yang digunakan dalam kelompok tersebut akan membuat orang merasa dalam suatu kelompok yang sama. Keinginan untuk menjadi bagian dari kelompok ini yang mendorong orang melakukan WOM.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Word of Mouth (WOM) : Pengertian, Manfaat, Dimensi & Alasannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :