Bauran Pemasaran

By Guru Ekonomi #3 komponen utama dalam pemasaran, #7 unsur bauran pemasaran, #9 p dalam marketing, #alasan alasan apa penggunaan bauran promosi, #analisis 7p produk yakult, #apa saja masalah yang terjadi dalam pemasaran, #apa yang dimaksud dengan komponen pemasaran, #apa yang dimaksud promosi dagang, #apakah yang dimaksud dengan penargetan pasar, #artikel Baruan Pemasaran, #bagaimana cara menerapkan fungsi manajemen, #bagaimana unsur unsur bauran pemasaran berinteraksi, #Baruan Pemasaran, #Baruan Pemasaran adalah, #bauran pemasaran 4p, #bauran pemasaran 7p, #bauran pemasaran 7p menurut kotler, #bauran pemasaran 8p, #bauran pemasaran 9p, #bauran pemasaran adalah, #bauran pemasaran dan contohnya, #bauran pemasaran menurut para ahli, #bauran pemasaran menurut para ahli 2016, #bauran pemasaran pdf, #bauran pemasaran produk, #bauran pemasaran produk coca cola, #bauran pemasaran tempat, #bauran promosi, #Bentuk - Bentuk Baruan Pemasaran, #Ciri - Ciri Baruan Pemasaran, #contoh 4p produk kosmetik, #contoh 4p produk minuman, #Contoh Baruan Pemasaran, #contoh bauran jasa, #contoh bauran pemasaran, #contoh bauran pemasaran 7p, #contoh bauran pemasaran brainly, #contoh bauran pemasaran internasional, #contoh bauran pemasaran produk jasa, #contoh bauran pemasaran produk minuman, #contoh bauran pemasaran produk pakaian, #contoh bauran pemasaran produk pepsodent, #contoh laporan marketing mix, #contoh marketing mix, #contoh marketing mix 4p, #contoh marketing mix 7p aqua, #contoh marketing mix 7p perusahaan jasa, #contoh marketing mix donat, #contoh marketing mix produk farmasi, #contoh marketing mix produk minuman, #contoh produk marketing mix 7p, #contoh promosi marketing mix, #contoh strategi penentuan waktu, #elemen bauran pemasaran, #Faktor Penyebab Perubahan Strategi Pemasaran, #faktor promosi produk menurut stanton, #fokus utama positioning adalah, #Fungsi Baruan Pemasaran, #jelaskan pengertian marketing plan, #jelaskan tahapan siklus kehidupan usaha, #jelaskan tentang kebijakan harga, #jelaskan yang dimaksud dengan periklanan, #jelaskan yang dimaksud pemasaran, #Jenis - Jenis Baruan Pemasaran, #jurnal bauran pemasaran 9p, #Karakteristik Baruan Pemasaran, #kelebihan dan kelemahan marketing mix, #komponen pemasaran outlook, #Konsep Bauran Pemasaran, #Macam - Macam Baruan Pemasaran, #makalah Baruan Pemasaran, #makalah bauran pemasaran, #makalah marketing mix, #makanan yang mengandung 7p, #Manfaat Baruan Pemasaran, #manfaat marketing mix, #manfaat targeting, #marketing mix 11p, #marketing mix 4p, #marketing mix 7p, #marketing mix 7p teh botol sosro, #marketing mix pdf, #materi Baruan Pemasaran, #mengapa suatu perusahaan perlu merencanakan bauran pemasaran, #mengidentifikasi marketing plan, #nilai yang dihantarkan kepada pelanggan, #pemasaran adalah, #pemasaran dibagi menjadi dua yaitu, #pemodelan bauran pemasaran, #pendekatan dalam melakukan kegiatan pemasaran, #penelitian terdahulu tentang marketing mix, #penerapan bauran pemasaran, #Penerapan Strategi Pemasaran, #Pengertian Baruan Pemasaran, #Pengertian Baruan Pemasaran Menurut Para Ahli, #pengertian bauran pemasaran menurut para ahli, #pentingnya bauran pemasaran bagi perusahaan, #peran bauran pemasaran, #peran strategi merek, #perbedaan bauran pemasaran barang dan jasa, #perbedaan konsumen bisnis dan konsumen akhir, #perhatikan fungsi distributor berikut, #pertanyaan diskusi tentang marketing mix, #pertanyaan pertanyaan untuk rencana pemasaran, #pertanyaan tentang bauran pemasaran, #pertanyaan wawancara tentang bauran pemasaran, #promotion mix adalah, #sebutkan 3 tujuan utama dari promosi, #sebutkan 5 macam teknik promosi?, #sebutkan 6 langkah perencanaan pemasaran, #sebutkan 7 elemen bauran pemasaran, #sebutkan bauran pemasaran, #sebutkan dan jelaskan 3 konsep strategi, #sebutkan dan jelaskan unsur produk, #sebutkan dua aspek pernyataan konsep produk, #sebutkan faktor bauran pemasaran, #Sejarah Baruan Pemasaran, #strategi bauran pemasaran, #strategi bauran pemasaran 9p, #strategi pemasaran 4p dan contohnya, #strategi pemasaran 4p nugget, #strategi pemasaran 4p telur asin, #strategi pengembangan pemasaran jasa, #strategi produk harga tempat dan promosi, #studi kasus bauran pemasaran, #tahapan membuat marketing plan, #timing strategy adalah, #tugas marketing mix, #Tujuan Baruan Pemasaran, #tujuan bauran pemasaran, #tujuan bauran pemasaran menurut para ahli, #tujuan bauran promosi, #tujuan dilakukannya analisis segmentasi, #Unsur - Unsur Baruan Pemasaran, #unsur bauran promosi, #unsur pemasaran menurut para ahli, #unsur pokok pemasaran, #unsur unsur bauran promosi, #unsur unsur sistem pemasaran modern, #unsur-unsur bauran pemasaran, #unsur-unsur bauran produk, #uraikan syarat segmentasi yang efektif, #yang bukan resiko usaha internal adalah, #yang termasuk bentuk-bentuk promosi adalah, #yang termasuk karakteristik periklanan adalah
√ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap
√ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Bauran Pemasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap


Pengertian Bauran Pemasaran

Marketing Mix atau yang disebut juga sebagai Bauran Pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

Istilah ini diperkenalkan pertama pada tahun 1964 dari seseorang yang bernama Neil Borden dalam artikelnya yang dikeluarkan pada tahun serupa.


Tujuan Bauran Pemasaran

1. Periklanan (Advertising)

Periklanan yaitu sebuah kegiatan penting dalam marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Merupakan salah satu kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa. Kegiatan inti sebagian besar berjangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang.

Tujuan sales promotion ialah untuk dapat meningkatkan penjualan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing yakni segala sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuan direct marketing adalah untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.


Unsur-Unsur Bauran Pemasaran

1. Produk

Produk merupakan segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, dan kemudian dibeli lalu dapat dipergunakan atau dikonsumsi, yang mana produk ini dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


2. Harga

Harga ialah salah satu nilai uang yang dipertukarkan oleh konsumen untuk memiliki atau menggunakan produk dan mendapatkan manfaat dari produk itu sendiri.


3. Distribusi

Distribusi yaitu sebuah saluran atau jalur distribusi yang produsen gunakan untuk menyalurkan barang sehingga dapat sampai kepada konsumen atau pemakai industri.


4. Promosi

Promosi yakni suatu komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pasar sasaran akan adanya produk dengan cara membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan target pembeli.

Baca Juga Secara Lengkap : Promosi


Faktor Penyebab Perubahan Strategi Pemasaran

  • Keadaan Ekonomi – Strategi pemasaran disesuaikan dengan kadaan ekonomi, perusahaan harus mengembangkan strategi jangka panjang guna memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri perusahaan dan memastikan kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang.
  • Siklus Daur Hidup Produk – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan tahap-tahap daur hidup, sperti tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan tahap kemunduran.
  • Tingkat Persaingan Pasar – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah perusahaan berada dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil saja dari ceruk pasar.

Penerapan Strategi Pemasaran

  • Marketing Segmentation (Segmentasi Pasar) – Yaitu tindakan membagi pasar kedalam kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah
  • Market Targeting (Penetapan Target Pasar) – Merupakan proses evaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atu lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang strategi untuk mambangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau sebuah perusahaan besar mungkin untuk menawarkan berbagai macam produk yang lebih lengkap untuk memenuhi seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan apabila hal ini terbukti berhasil, maka mereka akan menambahkan segmen.
  • Diferentiation & Positioning (Diferensiasi dan Posisi Pasar) – Perusahaan harus bisa memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya yang ada pada pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan lagi untuk membelinya.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */