√ 13 Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ 13 Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Efektivitas. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 13 Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap
√ 13 Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

 

1. Sondang P. Siagian

Efektivitas yaitu sebuah pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya di dalam jumlah tertentu yang sebelumnya itu sudah ditetapkan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan atau aktivitas yang akan dijalankan oleh seseorang atau juga sebuah perusahaan.

 

2. Gibson

Efektivitas yakni semua penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestasi individu, kelompok, serta organisasi. Semakin dekat prestasi mereka terhadap suatu prestasi yang diharapkan (standar), maka mereka itu dinilai semakin efektif.

 

3. Schemerhon John R. Jr.

Efektivitas ialah segala pencapaian target keluaran (output) yang akan diukur itu dengan cara membandingkan output anggaran atau juga OA (seharusnya) itu dengan output realisasi atau OS (sesungguhnya). Apabila OA > OS maka akan dinilai efektif.

 

4. Ravianto

Efektivitas merupakan seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang itu menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Artinya, apabila suatu pekerjaan itu dapat diselesaikan sesuai dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya, atau juga mutunya, maka dapat dikatakan efektif.

 

5. Prasetyo Budi Saksono

Efektivitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan di antara keluaran (output) yang dicapai dengan keluaran yang diharapkan dari jumlah masukan (input) di dalam sebuah perusahaan atau seseorang.

Baca Juga :  √ Efektivitas : Pengertian, Rumus, Kriteria dan Aspek Terlengkap

 

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Efektifitas sebagai daya guna, keaktifan, serta adanya kesesuaian dalam kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang diharapkan.

 

7. Abdurahmat

Efektivitas yaitu berbagai pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan yang sesuai atau tepat pada waktunya.

 

8. Amin Tunggul Widjaya

Efektivitas yakni beberapa hasil dari membuat keputusan yang mengarahkan dalam hal melakukan sesuatu dengan benar, yang man hal tersebut bisa membantu memenuhi misi dari suatu perusahaan atau pencapaian tujuan.

 

9. Hidayat

Efektifitas merupakan salah satu ukuran perusahaan yang menyatakan seberapa target yakni kuantitas, kualitas, dan waktu telah tercapai secara jauh,yang mana jika makin besar persentase target yang dicapai maka akan makin tinggi pula efektifitasnya.

 

10. Permata Wesha

Efektivitas adalah semua keadaan atau kemampuan berhasilnya suatu kerja yang dilakukan oleh pekerja dalam memebrikan hasil yang diharapakan untuk melihat efektivitas kerja pada umumnya dipakai 4 macam pertimbangan yaitu seperti : Pertimbangan fisiologi, Pertimbangan Psikologi, Pertimbangan ekonomi,dan Pertimbangan Sosial.

 

11. Wiyono

Efektivitas ialah segala kegiatan yang dilaksanakan dan memiliki dampak serta hasil sesuai dengan yang diharapkan.

 

12. Katz dan Khan

Efektivitas sebagai usaha untuk mencapai keuntungan maksimal bagi organisasi dengan segala cara.

 

13. Prihartono

Efektivitas yaitu setiap tingkat keberhasilan dalam mencapai sasaran.

 


Contoh Efektivitas

  • Seorang karyawan customer service diharapakan dapat melayani 10 pelanggan setiap harinya. Pada kenyataannya karyawan tersebut dapat melayani 11 pelanggan per hari, maka karyawan tersebut dianggap memiliki efektivitas yang baik.
  • Seorang manajer membawahi 20 orang pegawai dan harus membagi tugas/ pekerjaan masing-masing pegawai tersebut. Pada kenyataannya manajer tersebut tidak dapat menentukan orang terbaik di suatu posisi, maka manajer tersebut dianggap tidak memiliki efektivitas yang baik.
  • Sebuah mesin foto copy melayani 20 orang pegawai dan diharapkan dapat mengcopy 500 kertas per hari. Pada kenyataannya mesin foto copy tersebut dapat mengcopy lebih dari 500 kertas per hari, maka mesin tersebut dianggap efektif.
Baca Juga :  √ Desentralisasi : Pengertian, Contoh, Tujuan, Ciri, dan Dampaknya Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 13 Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :