Gudang Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Gudang. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Gudang


Pengertian Gudang

Gudang adalah suatu tempat fasilitas yang dapat berfungsi sebagai tempat lokasi penyaluran barang dari pemasok sampai nantinya terkirim ke pengguna. Hal ini akan mendukung timbulnya kebijakan perusahaan untuk melakukan sistem persediaan agar permintaan dapat diantisipasi dengan cermat dan tepat waktu agar barang yang akan dikirim mempunyai kualitas barang yang baik.


Pengertian Gudang Menurut Para Ahli

1. Perpu Nomor 5 Tahun 1962
Gudang yakni suatu ruangan yang tidak bergerak yang dapat ditutup dengan tujuan tidak untuk dikunjungi secara umum, melainkan untuk dipakai khusu sebagai tempat penyimpanan barang.


2. Bowersox (1978:293)
Gudang yakni suatu tempat yang dijadikan sebagai lokasi penyimpanan produk sampai permintaan (demand) cukup besar untuk melaksanakan kegaiatan distribusinya.


3. Perpu Nomor 5 Tahun 1962
Gudang yakni suatu tempat yang tidak dapat bergerak, tetapi bisa ditutup dengan tujuan tidak dapat dikunjungi secara umum, melainkan untuk dipergunakan khusus sebagai tempat menyimpan suatu barang guna dapat menjaga kualitas barang.


Macam – Macam Gudang

  • Gudang Berdasarkan Jenis Barang yang Disimpan

1. Gudang Bahan Baku
2. Gudang Mesin
3. Gudang Perlengkapan
4. Gudang Kain


  • Gudang Berdasarkan Kepemilikannya
Baca Juga :  Jenis-Jenis Impor

1. Gudang milik sendiri.
2. Gudang milik pihak lain yang digunakan dengan cara menyewa.


  • Gudang Berdasarkan Tempat

1.Gudang toko, yakni gudang yang tempatnya menyatu ataupun berada dikawasan toko pemiliknya.

2. Gudang pabrik, yakni gudang yang tempatnya berada dikawasan pabrik.

3. Gudang pelabuhan, yakni gudang yang tempatnya berada dikawasan pelabuhan, gudang pelabuhan sanggup dibedakan menjadi: Veem (Dock-Company), Entreport, Freeport, dan Bonded Warehouse.


  • Gudang Berdasarkan Bentuk dan Karakteristikinya

1. Gudang tertutup, yakni suatu ruang penyimpanan dalam suatu bangunan beratap dinding samping dan dinding ujung.

2. Gudang terbuka, dibedakan menjadi 2 yaitu:
Gudang terbuka yang tidak diolah yaitu gudang yang biasanya untuk menyimpan yang sifatnya sementara dan tidak terpengaruh terhadap perubahan cuaca.
Gudang terbuka diolah yaitu gudang yang biasanya digunakan untuk menyimpan logistik tidak cepat terpengaruh perubahan cuaca.

3. Gudang semi tertutup (lumbung), yakni suatu bangunan beratap tanpa dinding-dinding ujugg yang lengkap dan dapat digunakan untuk menyimpan barang logistik dan tidak memerlukan perlindungan yang lengkap terhadap perubahan udara.


Manfaat Gudang

1. Sebagai persediaan
Melakukan prediksi dalam permintaan produk yang akurat merupakan hal yang sangat sulit, agar dapat melayani pelanggan setiap waktu operasi pergudangan dapat digunakan sebagai alternatif tempat penyimpanan barang sebelum dikirim ke pengguna.


2. Sebagai perlindungan terhadap barang
Sebagai perlindungan dengan sistem pengamanan yang dapat diandalkan dengan demikian barang akan mendapatkan jaminan keamanan baik dari bahaya pencurian, kebakaran, banjir, serta problem keamanan lainnya.


3. Production mixing
Dalam pengirimanan suatu barang yang berbagai macam sumber dengan sistem material handling baik secara otomatis maupun manual dapat dilakukan penyotiran dan menyiapkan barang sebelum dikirim ke pengguna.

Baca Juga :  Pajak Tidak Langsung

4. Dalam sistem pergudangan
Material yang berbahaya dan tidak berbahaya akan dipisahkan dengan material yang mempunyai resiko dalam membahayakan dan menimbulkan pencemaran. Oleh sebab itu, diperlukan kode keamanan guna meminimalisir resiko yang akan ditetapkan.


5. Manufacturing support (pendukung proses produksi)
Operasi pergudangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam produksi guna meningkatkan kualitas dalam mendukung proses produksi dalam segi penyimpanan, transportasi, material handling dan aktivitas lainnya dalam pergudangan.


6.Production mixing
Menerima pengiriman barang berbagai macam dari sumber dan dengan sistem handling baik otomatis maupun secara manual dilakukan untuk melakukan penyortiran dan menyiapkan pesanan pelanggan selanjutnya mengirim ke pelanggan.


Tujuan Gudang

  • Kebutuhan Produksi

Gudang tentunya dibutuhkan untuk menghasilkan barang dengan jenis dan sifat yang berbeda. Ada berbagai jenis barang yang langsung dikonsumsi dan ada juga barang yang harus disimpan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Oleh sebab itu, peranan gudang sangat penting dalam kegiatan produksi suatu barang.


  • Kebutuhan Pasar

Barang-barang yang telah beredar di pasaran memiliki banyak macam, namun ada beberapa barang yang diminta selalu ada oleh konsumen. Oleh sebab itu, gudang dibutukan guna pasokan barang yang diminati konsumen  tidak terputus. Gudang juga dapat dijadikan sebagai media pendistribusian untuk memenuhi kebutuhan pasar.


  • Pengurangan Biaya Transportasi dan Produksi

Gudang memiliki peranan penting dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi yang saling berkaitan erat dengan persediaan barang tetapi pada posisi tertentu gudang dapat mengurangi biaya transportasi saat dilakukannya produksi barang.


  • Mengkoordinasikan Penawaran dan Permintaan

Gudang mempunyai sebuah peranan yang cukup penting dalam mengkoordinasikan antara penawaran dan permintaan suatu barang. Hal ini disebabkan karena permintaan pasar tidak selalu diprediksikan secara akurat sedangkan proses penawaran suatu barang harus terus berjalan. oleh sebab itu, gudang diperlukan guna menyimpan barang pada saat volume produksi naik dan volume permintaan menurun.

Baca Juga :  Ergonomi Adalah

Demikianlah pembahasan mengenai √ Gudang : Pengertian, Macam & Tujuannya Secara Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :