Pertumbuhan Penduduk

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Pertumbuhan Penduduk. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.


√ Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi, Jenis dan Contoh Terlengkap


Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu keadaan perubahan yang terjadi pada sewaktu-waktu serta dapat dihitung sebagai perubahan jumlah individu pada suatu populasi menggunakan per waktu unit dalam pengukurannya.

Penduduk suatu wilayah akan bertambah apabila terdapat kelahiran (L) dan penduduk yang datang ke wilayah tersebut (I), sedangkan penduduk suatu wilayah akan berkurang apabila terdapat kematian (M) dan terdapat penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut (E).

 


Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk


1. Kelahiran (Fertilitas)

Yaitu sebuah kelahiran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah pernikahan pada usia muda dan tidak melakukan suatu program Keluarga Berencana atau disebut dengan (KB) yang telah dibuat dan diterapkan oleh pemerintah sehingga akan meningkatkan angka kelahiran (Fertilitas).

Dengan adanya kelahiran dari seorang anak tersebut maka akan menambah pula jumlah penduduk pada daerah tersebut sehingga mengakibatkan terjadinya pertumbuhan penduduk.


2. Kematian (Mortalitas)

Yaitu suatu kematian yang dapat juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor pendorong dan penghambat kematian.

Faktor pendorong yang dapat mengakibatkan adanya kematian antara lain adalah kurangnya menjaga kesehatan, terjadinya tingkat kemiskinan yang berlebih, sarana dan prasarana pada daerah tertentu kurang.

Baca Juga :  √ Penjualan Eceran (Ritail) : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ruang Lingkup Terlengkap

Misalnya Rumah sakit, Puskesmas, Apotik, Klinik, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan adanya wabah penyakit, kurangnya dari asupan gizi serta pola makan yang tidak teratur.

Faktor penghambat dari kematian (Mortalitas) antara lain ialah menjaga kesehatan, olahraga yang teratur, pola makan yang teratur, makan makanan yang bergizi, tingkat kemiskinan yang rendah, serta sarana kesehatan yang baik dan lengkap.

Kematian dari individu akan mengurangi adanya jumlah penduduk pada daerah tersebut.


3. Penduduk Karna Datang (Imigrasi)

Imigrasi ialah sebagai suatu perpindahan penduduk dari suatu wilayah lain menuju wilayah kita sendiri.

Imigrasi ini bisa menyebabkan suatu peningkatan dari jumlah penduduk dalam daerah tertentu. Ini disebabkan oleh manusia yang selalu merasa kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


4. Penduduk Karna Pergi (Emigrasi)

Penduduk karna pergi (emigrasi) yakni seorang penduduk yang berpindah dari suatu wilayah menuju wilayah lainnya yang bertujuan untuk menetap, lalu bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Suatu penduduk karna pergi (emigrasi) ini akan mengakibatkan turunnya jumlah dari penduduk dalam daerah asalnya tersebut.

 


Jenis – Jenis Pertumbuhan Penduduk


1. Pertumbuhan Penduduk Alami

Pertumbuhan penduduk alami ialah suatu pertumbuhan penduduk yang didapatkan dari selisih kelahiran dan kematian.

Rumus

Pa = L – M

Keterangan :

  • Pa : pertumbuhan penduduk alami
  • L : Jumlah kelahiran
  • M : Jumlah kematian

2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Pertumbuhan Penduduk Migrasi yakni sebuah pertumbuhan penduduk yang didapatkan dari selisih migrasi masuk dan migrasi keluar.

Rumus

Pm = I – E

Keterangan :

  • Pm : Pertumbuhan penduduk migrasi
  • I : Jumlah imigrasi
  • E : Jumlah emigrasi

3. Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan penduduk total yaitu salah satu pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian dan imigrasi.

Rumus

P = (L – M) + (I – E)

Keterangan :

  • P : Pertumbuhan penduduk total
  • L : Jumlah kelahiran
  • M : Jumlah kematian
  • I : Jumlah imigrasi
  • E : Jumlah emigrasi
Baca Juga :  √ Lengkap Pengambilan Keputusan : Pengertian, Dasar, Fungsi, Faktor dan Proses

 


Contoh Pertumbuhan Penduduk

Program migrasi yang pertama kali dilakukan oleh Soeharto sebagai upaya menyebarkan penduduk di wilayah Indonesia yang pada umumnya pada waktu itu populasi masyarakat terfokus di Pulau Jawa.

Program yang dilakukan Saeharto ini bisa dikatakan sebagai pertumbuhan penduduk nonalami, dan juga sebagai upaya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah.

Adapun wilayah pertama yang menjalankan program migrasi ini pertamakali di Provinsi Lampung, yang memang letak geografisnya bersebelahan dengan Pulau Jawa.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :