√ Kinerja Keuangan : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Analisis Terlengkap

Kinerja Keuangan

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Kinerja Keuangan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Kinerja Keuangan : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Analisis Terlengkap


Pengertian Kinerja Keuangan

Kinerja Keuangan merupakan salah satu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana sebuah perusahaan telah menjalankan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar.


Fungsi Kinerja Keuangan

  • Untuk dapat mengukur pencapaian yang dicapai oleh suatu organisasi dalam periode tertentu yang mencerminkan tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatannya.
  • Pengukuran kinerja juga bisa dipergunakan sebagai penilai kontribusi bagian dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
  • Dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi perusahaan untuk masa depan.
  • Memberikan instruksi dalam membuat keputusan dan kegiatan organisasi secara umum dan divisi atau bagian dari organisasi pada khususnya.
  • Sebagai dasar untuk bisa menentukan kebijakan investasi dalam rangka meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Tujuan Kinerja Keuangan

1. Mengetahui Tingkat Likuiditas

Likuiditas memberikan kemampuan perusahan dalam memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera diselesaikan ketika waktunya ditagih.


2. Mengetahui Tingkat Solvabilitas

Solvabilitas memberitahukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya apabila perusahaan tersebut dilikuidasi, baik keuangan jangka pendek ataupun jangka panjang.


3. Mengetahui Tingkat Rentabilitas

Rentabilitas atau profitabilitas memberitahukan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba selama periode tertentu.


4. Mengetahui Tingkat Stabilitas

Stabilitas memberitahukan kemampuan perusahaan untuk melaksanakan usahan dengan stabil yang diukur dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk membayar hutangnya serta membayar beban bunga atas hutang tepat pada waktunya.

Baca Juga :  Agunan Adalah

Analisis Kinerja Keuangan

1. Analisis Perbandingan Laporan Keuangan

Merupakan salah satu teknik analisis dengan cara membandingkan laporan keuangan dua periode atau lebih dengan menunjukkan perubahan, baik dalam jumlah (absolut) ataupun persentase (relatif).


2. Analisis Break Even

Ialah suatu teknik menganalisis untuk mengetahui tingkat penjualan yang wajib dicapai supaya perusahaan tidak mengalami kerugian.


3. Analisis Tren (Tendensi Posisi)

Yaitu sebuah teknik menganalisis untuk mengetahui tendensi keadaan keuangan apakah menunjukkan kenaikan atau penurunan.


4. Analisis Sumber dan Penggunaan Kas

Yakni berbagai teknik menganalisis untuk mengetahui kondisi kas beserta sebab terjadinya perubahan kas pada suatu periode tertentu.


5. Analisis Perubahan Laba Kotor

Adalah beberapa teknik menganalisis untuk mengetahui posisi laba dan sebab terjadinya perubahan laba.


6. Analisis Persentase Perkomponen (Common Size)

Sebagai teknik menganalisis untuk mengetahui persentase investasi pada setiap aktiva terhadap seluruh atau total aktiva ataupun hutang.


7. Analisis Sumber Dan Penggunaan Modal Kerja

Ialah segala teknik menganalisis untuk mengetahui besarnya sumber dan penggunaan modal kerja memalui dua periode waktu yang dibandingkan.


8. Analisis Rasio Keuangan

Yaitu semua teknik menganalisis keuangan untuk mengetahui keterkaitan antar pos tertentu dalam neraca ataupun laporan laba rugi baik secara individu ataupun secara simultan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kinerja Keuangan : Pengertian, Fungsi, Tujuan & Analisisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Send this to a friend