√ Lembaga Ekonomi : Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada
√ Lembaga Ekonomi : Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap
5 (100%) 19 votes

√ Lembaga Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap Lembaga ekonomi terbentuk bermula karna untuk mengatur sebuah hubungan manusia dalam memenuhi suatu kebutuhan hidup. Manusia yang akan selalu membutuhkan barang dan jasa tidak bisa terpisahkan dari lembaga ekonomi. Jika anda ingin lebih jelas nya tentang lembaga ekonomi. anda tepat sekali mengunjungi sarjanaekonomi.co.id, karna disini akan mengulas tentang Lembaga Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Lembaga Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah sebuah lembaga sosial yang akan berfungsi di bidang perekonomian. Lembaga ini bisa berperan untuk menjaga sebuah kebutuhan masyarakat agar bisa memenuhi ataupun berkelanjutan.

Pengertian lain dari lembaga ekonomi yaitu lembaga yang akan menyelesaikan masalah yang akan berhubungan dengan produksi, distribusi atau juga dengan pelayanan jasa yang akan dibutuhkan oleh masyarakat agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.

 

Jenis-Jenis Lembaga Ekonomi

Dilihat dari sistem perekonomian, Dalam lembaga ekonomi dapat dilihat dari sistem perekonomian terbagi beberapa jenis yaitu :

1. Komunis

Komunis adalah sala satu suatu sistem perekonomian yang akan menegaskan bahwa semua kekayaan yang dipunyai masyarakat ialah punya negara. Dalam sistem perekonomian ini mengedepankan aspek suatu kepedulian bersama dan juga rasa kebersamaan. namun, pada sistem perekonomian komunis hingga saat ini masih tersisa di beberapa negara, contohnya Negara Rusia, China,& Korea Utara.

2. Kapitalis

Kapitalis, dari jenis sistem perekonomian ini mengutamakan persaingan antar masyarakat. Kekayaan yang di miliki sendiri, tanpa ada urusan negara. Adapun beberapa negara yang akan menjalankan sebuah sistem perekonomian kapitalis contohnya, Amerika Serikat, Singgapura,atau yang lain sebaginya.

Baca Juga :  √ Administrasi Kepegawaian : Pengertian, Perumusan, Tujuan, dan Fungsi Terlengkap

3. Pancasila

Khusus pada sistem perekonomian yang satu ini sangat tidak asing lagi bagi warga negara di Indonesia, karna Pancasila sebagai Idiologi bangsa Indonesia juga akan sistem dalam perekonomian. Intisari dari perekonomian ini sendiri yaitu di antara komunis dan kapitalis, yang akan menggabungkan keadilan, kemakmuran, maupun kepercayaan.

Ciri ataupun karakteristik yang ada di dalam lembaga perekonomian, diantaranya yakni;

  • Mengawasi Jalannya EkonomiSifat tetap dalam lembaga ekonomi yaitu bisa berfungsi untuk memberikan sebuah pengawasan dalam aktivitas perekonomian, pengawasan ini sering dikerjakan dengan membentuk suatu badan khusus yang akan menaunginya. Dalam masyarakat Indonesia lembaga ekonomi bisa diawasi dengan OJK, Kementerian Perekonomian, atau lembaga lainnya.

 

  • Bersifat KokohKarakteristik selanjutnya yaitu bersifat kokoh. Kokoh yang dalam artian mempunyai payung hukum yang tetap dan tidak dapat diganggu gugat, dalam keadaan ini mempunyai fungsi untuk supaya lembaga ekonomi agar lebih maksimal untuk bisa menjalankan suatu tugasnya.

 

  • Asas Gotong RoyongKhusus pada ciri lembaga ekonomi di Indonesia asas ini haruslah dipunyai, dengan rasa sebuah kekeluargaan antara satu wilayah ataupun masyarakat maka pembangunan ekonomi dan tahap perencanaannya akan lebih mudah untuk bisa dikerjakannya, karna kondisi ini sering dilakukan pula oleh negara-negara di dunia.

 

  • Menyelesaikan Permasalahan EkonomiCiri terakhir yang haruslah ada di dalam lembaga ekonomi yaitu harus menyelesaikan tentang beragam bentuk kelangkaan ekonomi, baik secara langsung ataupun tidak. Tujuannya yaitu supaya untuk memberikan sebuah kemampuan finansial atau jaminan tentang peraturan sosial yang ada di dalam masyarakat.

 

Fungsi dan Peran Lembaga Ekonomi

Peran dan Fungsi lembaga ekonomi yaitu sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman dalam mendapatkan bahan bahan pangan
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman dalam melakukan sebuah pertukaran barang dan/atau jasa (barter)
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman mengenai harga jual beli barang dan/atau jasa
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman dalam penggunaan tenaga kerja dan cara pengupahan
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman cara memutuskan suatu hubungan kerja dengan baik dan benar
  • Berfungsi untuk memberikan sebuah identitas bagi masyarakat.
Baca Juga :  √ Branding : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Unsur Terlengkap

 

Bagian Lembaga Ekonomi

Bagian/unit produksi

Bagian produksi yang akan berhubungan dengan sebuah cara bagaimana kebutuhan hidup itu juga bisa dipenuhi. Bagian produksi akan terbagi menjadi beberapa suatu kegiatan sebagai berikut :

  • Berburu atau Meramu : Salah satu kegiatan ini akan berlangsung pada masyarakat tradisional dengan pola hidup yang nomaden.

 

  • Bercocok tanam di ladang : Kegiatan produksi yang satu ini yaitu bentuk paling awal dari yang sistem pertanian.

 

  • Bercocok tanam di lahan basah : Kegiatan produksi yang satu ini sering dikerjakan pada masyarakat yang sudah menetap secara permanen.

 

  • Peternakan : Kegiatan yang satu ini menangkap ataupun memelihara hewan-hewan ternak yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dan tetap dilakukan pada zaman sekarang.

 

  • Perindustrian : Industri adalah sebuah aktivitas produksi yang sering dilakukan oleh masyarakat modern. Pemenuhan barang kebutuhan akan dilakukan dengan mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi ataupun juga barang jadi.

 

Unsur – Unsur Lembaga Ekonomi

1. Pola Perilaku

Dalam lembaga ekonomi akan memunculkan suatu pola perilaku seperti efisiensi, penghematan, profesionalisme dan mencari keuntungan.

2. Budaya Simbolis

Dalam lembaga ekonomi akan timbul budaya simbolis seperti merk dagang, slogan, hak paten dan lagu komersial

3. Budaya Manfaat

Dalam lembaga ekonomi akan memunculkan unsur budaya manfaat seperti pabrik, kantor, toko, pasar, formulir, blangko dan lainnya.

4. Kode Spesialisasi

Dalam lembaga ekonomi akan muncul unsur kode speialisasi seperti yaitu kontrak monopoli, akte perusahaan, kontrak, lisensi dan lain lainnya.

5. Ideologi

Dalam lembaga ekonomi akan timbul unsur suatu ideologi ekonomi seperti tanggung jawab, manajerial, kebebasan berusaha, hak buruh, liberalisme dan lain lainnya.

 

Ciri – Ciri Lembaga Ekonomi

  • yang pertama mempunyai asas yang jelas
  • yang kedua memiliki tujuan yang ingin dicapai
  • Yang ketiga lambang yang memiliki arti
  • Yang keempat karyawan mempunyai jiwa kewirausahaan
  • Yang kelima mempunyai ciri unit yang bekerja
  • Dan yang terakhir Mengkoordinir jalannya distribusi
Baca Juga :  √ Pasar Modal : Pengertian, Manfaat, Jenis, Instrumen, dan Peranannya Terlengkap

 

Contoh Lembaga Ekonomi

Adapun beberapa contoh dari lembaga ekonomi, yaitu diantaranya :

1. Lembaga keuangan

Lembaga keuangan adalah suatu badan yang akan bergerak dibidang keuangan dengan adanya suatu tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupun juga masyarakat.

2. Kementerian Negara BUMN

BUMN kepanjangan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang sebagian besar modalnya juga berasal dari negara.

Dan masih banyak lagi contoh lembaga ekonomi yang lainnya. contohnya seperti : kementrian keuangan, kementrian perdagangan, kementrian negara koperasi atau UKM, pasar atau yang lain sebagainya.

Itulah penjelasan tentang √Lembaga Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, Bagian, Unsur, Dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap semoga apa yang dijelaskan diatas mudah di mengerti, di pahami, dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. sekian dan terimakasih.