√ Pengawasan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada

√ Pengawasan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Pengawasan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Pengawasan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap
√ Pengawasan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap

 

Pengertian Pengawasan

 

Pengawasan merupakan sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktifitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Pengawasan yaitu suatu upaya sistematis manajemen untuk melakukan perbandingan kinerja standar, rencana atau tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya untuk menetapkan apakah kinerja sejalan dengan standar tersebut dan untuk memutuskan tindakan perbaikan dibutuhkan untuk melihat bahwa sumber daya manusia dimanfaatkan dengan seefiktif dan seefiesien mungkin didalam mencapai tujuan.

 

 

Fungsi Pengawasan

 

  • Untuk menilai apakah setiap unit-unit telah melakukan kebijaksanaan dan prosedur yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing.
  • Untuk menilai apakah surat-surat atau laporan yang dihasilkan telah menggambarkan kegiatan-kegiatan yang sebenarnya secara cermat maupun tepat.
  • Untuk menilai apakah pengendalian manajemen sudah cukup memadai dan dilaksanakan secara efektif.
  • Untuk meneliti apakah kegiatan sudah terlaksana secara efektif yaitu mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Untuk meneliti apakah kegiatan sudah dilaksanakan secara efisien.

 

 

Tujuan Pengawasan

 

  • Memberi jaminan ketetapan pelaksanaan tugas sesuai dengan rencana tersebut, kebijaksanaan dan perintah.
  • Menjalankan koordinasi aktivitasi.
  • Mencegah pemborosan dan penyelewengan.
  • Menjamin terwujud kepuasan masyarakat atas barang dan jasa yang dihasilkan.
  • Membina kepercayaan masyarakat kepada kepemimpinan organisasi “pemerintah”.
Baca Juga :  √ Turnover Karyawan : Pengertian, Proses, Jenis, Faktor dan Rumus Terlengkap

 

 

Jenis – Jenis Pengawasan

 

1. Pengawasan Internal dan Eksternal

  • Pengawasan Internal (Intern) merupakan salah satu jenis pengawasan yang dijalankan oleh orang maupun badan yang terdapat pada lingkungan unit organisasi atau lembaga yang berhubungan.
  • Pengawasan Eksternal (Ekstern) merupakan suatu pengawasan atau pemeriksaan yang dijalankan oleh unnit pengawasan yang terdapat di luar unit organisasi/lembaga yang diawasi.

 

2. Pengawasan Preventif dan Represif

  • Pengawasan Preventif merupakan sebuah pengawasan yang dijalankan di aktivitas sebelum kegiatan tersebut dilakukan menjadi dapat mencegah terjadinya kegiatan yang menyimpang. Contohnya adalah pengawasan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk menghindari adanya penyimpangan pelaksanaan keuangan negara yang membebankan atau merugikan negara.
  • Pengawasan Represif merupakan suatu pengawasan yang dijalankan kepada suatu kegiatan setelah kegiatan tersebut dijalankan atau dilakukan. Contohnya pengawasan yang dilakukan pada akhir tahun anggaran yang mana anggaran yang telah ditentukan lalu disampaikan laporannya.

 

3. Pengawasan Aktif dan Pasif

  • Pengawasan Aktif Dekat yaitu sebuah pengawasan yang dijalankan sebagai bentuk dari pengawasan yang dilakukan ditempat aktivitas yang berkaitan.
  • Pengawasan Pasif Jauh yaitu suatu pengawasan yang dijalankan seperti melalui penelitian dan pengujian terhadap surat atau laporan pertanggung jawaban yang disertai dengan berbagai bukti penerimaan ataupun bukti pengeluaran.

 

4. Pengawasan Kebenaran Formil

  • Pengawasan Kebenaran Formil merupakan salah satu jenis pengawasan menurut hak rechtimatigheid dan pemeriksaan kebenaran materiil tentang maksud dan tujuan pengeluaran doelmatigheid.

 

 

Metode Pengawasan

 

1. Komparatif

Komparatif yaitu sistem pengawasan yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dengan rencana.

 

2. Inspektif

Inspektif yakni suatu sistem pemeriksaan setempa berguna untuk mengetahui secara langsung keadaan sebenarnya mengenai pelaksanaan suatu pekerjaan.

Baca Juga :  √ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap

 

3. Verifikatif

Verifikatif ialah sebuah sistem pangawasan secara pemeriksaan, biasanya menyangkut bidang keuangan dan material.

 

4. Investigatif

Investigatif merupakan salah satu pengawasan yang dilakukan dengan mengadakan penyelidikan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pengawasan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :