√ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap

Diposting pada
√ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap
5 (100%) 11 votes

√ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Statistik. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap
√ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Statistik

 

Statistik yakni sekumpulan angka yang digunakan untuk dapat menerangkan sesuatu baik itu angka acak maupun angka yang tersusun dalam suatu daftar grafik.

Statistik ini berasal dari bahasa Latin yaitu status yang berarti negara atau sesuatu hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Kata “Statistik” ini berasal dari kata status (bahasa latin), state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda) dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi suatu Negara.

Pada mulanya, kata “statistik” ini dapat diartikan sebagai “suatu kumpulan bahan sebuah keterangan (data) baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (kualitatif).”

Dalam bahasa Inggris juga dijumpai istilah statistics artinya “ilmu statistik”, sedangkan statistic dapat diartikan sebagai “ukuran yang dapat diperoleh atau berasal dari sampel,” sebagai lawan kata dari “parameter” yang artinya “ukuran yang dapat diperoleh dari populasi.”

Statistik merupakan suatu kumpulan data dalam bentuk huruf maupun dalam angka yang disusun ke dalam bentuk diagram atau tabel.

Secara etimologi, definisi Statistik ini berasal dari bahasa Romawi yakni States, yang dapat diartikan sebagai sebuah negara, atau negarawan.

Statistik ini juga merupakan sebuah ilmu yang mampu untuk mempelajari hal-hal yang dapat berhubungan dengan data, serta sifat-sifat data.

Ada juga dalam statistik yaitu suatu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data serta penganalisaan data, penarikan kesimpulan serta pembuatan suatu keputusan yang berdasarkan dari data yang diperoleh.

 

 

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

 

1. Wikipedia

Statistik ialah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana dapat merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

 

2. Suntoyo Yitnosumarto

Statistik merupakan salah satu studi informasi dengan mempergunakan dan teknik-teknik perhitungan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul di berbagai bidang.

 

3. Anto Dajan

Statistik yaitu sebagai salah satu data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk tabel.

 

4. J.Supranto

  • Dalam arti sempit, Statistik adalah suatu data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif)
  • Dalam arti luas, Statistik adalah sebuah ilmu yang dapat mempelajari cara pengumpulan, penyajian, serta analisa data dan pengamilan kesimpuan secara umum berdasarkan hasil dari pengelitan yang menyeluruh.

 

5. Drs.Djawanto

Statistik yakni salah satu kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan melukiskan suatu persoalan.

 

6. Steel dan Torrie

Statistik adalah suatu metode yang memberikan cara-cara untuk bisa menilai ketidaklanjutan dari penarikan kesimpulan uang bersifat induktif.

 

7. Anderson dan Bancroff

Statistik yakni sebagai ilmu dan seni perkembangan dan suatu metode yang paling efektif untuk dapat mengumpulkan serta dan penginterprestasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan dapat memungkinkan kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan sebuah penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).

 

8. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.

Statistik merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berhubungan erat dengan cara-cara pengumpulan data pengolahan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasian yang dilakukan.

 

9. Ir.M.Iqbal Hasan, MM

Stastistik ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentant pengumpulan, pengolahan, penganalisisaan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka.

 

10. Prof.Dr.H.Agus Irianto

Statistik ialah sekumpulan cara maupun berbagai aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (Analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk anga dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

 

11. Prof.Drs.Sutrisno Hadi, MA

Statistik yakni sebuah ilmu untuk dapat mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data.

 

12. Croxton dan Cowden

Statistik yakni sebuah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterprestasikan data yang berwujud angka.

 

13. Somantri

Statistik ialah sebagai sesuatu hal dalam kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang menggambarkan suatu persoalan.

 

14. Pasaribu

  • Statistik merupakan sekumpulan dari angka – angka yang menerangkan sesuatu, baik yang sudah tersusun di dalam daftar yang teratur atau grafik maupun belum.
  • Statistik ialah berbagai kumpulan dari cara-cara dan aturan-aturan mengenai pengumpulan suatu data (keterangan mengenai sesuatu), penganalisaan dan interpretasi data yang berbentuk angka-angka.
  • Statistik yakni berbagai bilangan-bilangan yang menerangkan sifat (characteristic) dari sekumpulan data (pengamatan).

 

15. Modenhall

Statistik merupakan salah satu bidang sains yang saling berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk dapat membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

 

16. Kendal & Stuart

Statistik merupakan salah satu cabang dari suatu metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

 

 

Tujuan Statistik

 

  • Untuk dapat mendeskriptif dan menerangkan data mengenai populasi yang diselidiki
  • Untuk bisa mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih mudah untuk dipahami
  • Untuk dapat menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis dapat digunakan atau membantu melakukan sesuatu.
  • Untuk bisa menyediakan suatu ekstimasi atau model tentang nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diselidiki.
  • Untuk dapat menyediakan suatu ekstimasi tentang akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang akan dijalankan.

 

 

Peranan Statistik

 

  • Dalam Kehidupan Sehari-Hari yakni Statistik yang memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan berbagai hal untuk dapat diolah dan ditafsirkan.
  • Dalam Penelitian Ilmiah yaitu yang memiliki suatu peranan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan atau juga menemukan kembali keterangan-keterangan yang seoalah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik
  • Dalam Ilmu Pengetahuan ialah yang memiliki sebuah peranan sebagai peralatan analisis dan interprestasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga didapatkan suatu kesimpulan dari data-data tersebut.

 

 

Manfaat Statistik

 

Manfaat Statistik Secara Umum

  1. Menyajikan suatu data secara ringkas sehinga dapat lebih mudah untuk dimengerti.
  2. Membuat sebuah catatan data yang matematis dan juga sistematis.
  3. Menyajikan juga sebuah perbandingan-perbandingan dari suatu data.
  4. Memberikan data-data dari masa lampau demi menentukan suatu kebijakan sekarang.
  5. Membuat suatu perkiraan-perkiraan secara generalisasi terhadap suatu objek menjadi yang lebih luas.
  6. Menunjukkan sebuah tren maupun juga tendensi perkembangan terhadap suatu masalah.
  7. Membuat suatu penarikan dengan berbagai kesimpulan secara ilmiah.

 

Manfaat Statistik di Beberapa Bidang

  1. Bidang Penelitian yakni Statistik yang juga memberikan cara-cara pengumpulan, penyusunan data menjadi bentuk dari yang mudah untuk dapat dianalisis sehingga dapat memberikan informasi yang sudah jelas sebagai petunjuk di dalamnya di pengambilan keputusan.
  2. Bidang Manajemen yaitu Seorang manajer dengan menggunakan sebuah metode statistik untuk melihat grafik naik dengan turunnya dengan perkembangannya dalam menentukan suatu langkah selanjutnya.
  3. Bidang Pemasaran ialah Statistik yang juga digunakan sebagai analisis penjualan. analisis pasar, dan analisis pemasaran untuk dapat melihat dari potensi penjualan di masa yang akan datang.
  4. Bidang Akutansi merupakan Statistik yang dapat digunakan dalam bidang yang berkaitan dengan penilaian suatu kegiatan perusahaan, penyesuaian yang berhubungan dengan adanya suatu perubahan harga juga disertai dengan suatu hubungan antara ongkos dan juga volum produksi.

 

 

Jenis – Jenis Statistik

 

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

  • Statistik Matematika yaitu salah satu statistik yang lebih mengedapankan pemahaman terhadap model, rumus-rumus statistika secara matematika-teoritis, penurunan konsep. Misalnya yakni uji normalitas, analisis regresi, galat, dan lain-lain.
  • Statistik Terapan yaitu salah satu statistik yang lebih mengedapankan pada suatu pemahaman konsep, teknik statistika, serta penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

 

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

  • Statistik Deskriptif yaitu salah satu bentuk statistik yang berhubungan dengan pengumpulan pengolahan, analisis, dan penyajian data tanpa adanya suatu kesimpulan secara umum. Bentuk statistik ini umumnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, modus, dan lain-lain.
  • Statistik Inferensial yaitu salah satu bentuk dari statistik yang prosesnya memungkinan diambilnya kesimpulan secara umum terhadap data yang diolah.

 

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

  • Statistik Parametik yaitu suatu statistik yang dilakukan berdasarkan model distribusi normal.
  • Statistik Non-Parametik yaitu sebuah statistik yang dilakukan dengan metode distribusi bebas atau tidak berdasarkan pada suatu model distribusi normal.

 

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

  • Statistik Univariat yaitu salah satu jenis statistik yang hanya mempunyai satu variabel terikat.
  • Statistik Multivariat yaitu suatu bentuk statistik yang mempunyai lebih dari satu variabel terikat.

 

 

Fungsi Statistika

 

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif statistik ialah salah satu fungsi statistik untuk dapat memahami, mendiskripsikan, menerangkan data, peristiwa, yang telah dikumpulkan dalam suatu penelitian, penyelidikan, dan tidak sampai pada generalisasi atau suatu pengambilan kesimpulan mengenai populasi yang diselidiki.

 

2. Fungsi Inferensial

Fungsi inferensial statistik yakni salah satu fungsi statistik untuk dapat meramalkan dan mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi berdasarkan data atau gejala dan sebuah peristiwa yang ada dalam suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya ekstimasi, serta hipotesis.

 

 

Unsur – Unsur Statistik

 

  • Data
  • Perlakuan Data, Seperti pengumpulan dan pengolahan
  • Kesimpulan
  • Angka-Angka

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Statistik : Pengertian Para Ahli, Manfaat, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Waktu : Pengertian, Prinsip, Manfaat dan Dampak Terlengkap

Baca Juga :  √ MoU (Memorandum of Understanding) : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen dan Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Deposito : Pengertian, Jenis, Manfaat. dan Karakteristik Terlengkap