Visi dan Misi

Diposting pada

Sarjana EkonomiHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Visi dan Misi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Visi dan Misi : Pengertian, Tujuan, Perbedaan, Contoh dan Manfaat Terlengkap


Pengertian Visi

Pengertian Visi adalah pandangan jauh sebuah perusahaan atau instansi (sekolah atau yang lain).

Visi juga dapat diartikan sebagai tujuan dari suatu lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

Gambaran situasi atau krakteristik tentang apa yang ingin di capai dalam sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan dalam suatu waktu kedepan.

Visi ini merupakan cara pandang jauh kedepan mengenai arah organisasi, lembaga, atau sebuah perusahaan mampu eksis, antisipasif dan inovatif.

Visi juga dalam bahasa inggris yakni “what be believe we can be”.


Syarat Untuk Membuat Visi

  • Berorientasi terhadap masa depan.
  • Dilakukan dengan perencanaan yang matang dan terstuktur dengan baik.
  • Tidak disesuaikan berdasarkan kondisi yang ada pada saat sekarang ini.
  • Mengekspresikan melalui kreativitas yang dimiliki.
  • Berdasarkan kepada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan untuk masyarakatnya.
  • Perencanaan dibuat tahapan-tahapannya hingga tahapan terakhir yaitu tujuan yang ingin diraihnya.
  • Tujuan haruslah tertarget dengan jelas ketika membuat perencanaannya untuk meningkatkan keyakinan, jika terjadi perobahan terhadap visi yang sudah dibuat hal itu bisa diluruskan belakangan seiring bertambahnya ilmu.

Cara Membuat Visi

  • Apa yang perlu di ubah ? (masalah umum yang terjadi dan yang anda anggap perlu di ubah)
  • Kenapa masalah itu harus di atasi atau di ubah ?
  • Power dan aset apa yang dimiliki ?
  • Apa tujuan dari organisasi yang anda jalankan ?
  • Bagaimana gambaran sukses dari organisasi yang ingin anda jalankan.

Manfaat Visi

  • Menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan.
  • Menumbuhkan rasa kebermaknaan. Salah satu tempat para karyawan mencari makna kehidupan yakni pada lingkungan pekerjaannya.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Jika seorang karyawan dapat memahami dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, dia akan terus bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.
  • Menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Para karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias jika dia tidak mengetahui untuk apa dia bekerja. Namun, jika dia tahu apa saja kontribusi suatu perusahaan pada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia akan bekerja bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Apabila seorang karyawan memahami bahwa dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, ia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.

Karakter Visi

  • Dapat dibayangkan (imagible)
  • Menarik (desirable)
  • Realistis dan dapat dicapai (feasible)
  • Mudah dipahami (flexible)

Contoh Visi

  • Menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang Asuransi dengan mengutamakan penyelenggaraan program Asuransi Sosial dan
  • Asuransi Wajib sejalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Mewujudkan sekolah yang menghasilkan bibit-bibit insan yang cerdas secara akademik maupun non akademik serta akhlak yang mulia mengembangkan budaya bangsa tanah air Indonesia.
  • Menjadi seseorang yang berkepribadian tangguh yang mampu membawa diri sendiri beserta keluarga ke dalam kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat, dan juga kehidupan yang mempunyai nilai manfaat bagi orang lain.

Pengertian Misi

Misi yakni What be believe we can do yang artinya suatu langkah yang dilakukan agar sebuah visi yang telah dibuat dapat terwujud.

Misi harus dibuat sesuai atau sikron dengan visi. Misi merupakan suatu yang harus dilakukan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Misi merupakan sebuah pernyataan yang digunakan sebagai cara untuk mengomunikasikan tujuan dari sebuah organisasi.

Walaupun ini sering tidak berubah dalam jangka waktu yang lama, sebuah organisasi juga tidak lazim memperbarui pernyataan misi mereka dan umumnya terjadi ketika sebuah organisasi berkembang.

Pernyataan suatu misi biasanya sangat ringkas dan pernyataan sederhana yang menunjukkan ikhtisar apa tujuan dari suatu organisasi tersebut dan di sektor manakah organisasi tersebut akan bekerja.


Manfaat Misi

  • Untuk memastikan tujuan dasar dari suatu lembaga atau perusahaan
  • Mencipatakan kondisi perusahaan yang umum
  • Sebagai landasan perencanaan bisnis yang akan dikembangkan
  • Membantu anggota bekerja sama dalam suatu kegiatan
  • Menjadi titik utama bagi anggota dalam mengidentifikasi tujuan dan arah suatu lembaga atau perusahaan.

Cara Membuat Misi

  • Pernyataan harus jelas dan simple.
  • Hindari penggunaan kata-kata yang rumit.
  • Mudah untuk di jelaskan ke orang lain.
  • Tidak membingungkan dan tidak melenceng dari pernyataan visi.
  • Dapat mengenalkan diri anda.

Syarat Misi

  • Harus segera dilakukan.
  • Bersifat detail atau khusus.

Contoh Misi

  • Bakti kepada Masyarakat, dengan mengutamakan perlindungan dasar dan pelayanan prima sejalan dengan kebutuhan masyarakat.
  • Bakti kepada Lingkungan, dengan memberdayakan potensi sumber daya bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
  • Bakti kepada Negara, dengan mewujudkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara Program Asuransi Sosial dan Asuransi Wajib, serta
  • Badan Usaha Milik Negara.
  • Bakti kepada Perusahaan, dengan mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas dapat tercapai secara optimal demi kesinambungan Perusahaan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan pelayanan pembelajaran berkarakter
  • Meningkatkan dan menumbuhkembangkan pembelajaran dengan basis Teknologi Informasi Komunikasi agar para siswa tidak gaptek.
  • Melakukan berbagai kegiatan manajemen layanan pendidikan yang handal dan pandai.
  • Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berkualitas dan bermutu tinggi.
  • Meningkatkan dan mengembangkan terlaksananya pendidikan lingkungan hidup dan sehat bebas sampah.
  • Bekerja dengan giat, serta mempelajari ilmu yang mungkin dibutuhkan untuk memulai berwirausaha.
  • Selalu menggali ilmu-ilmu baru (yang berkaitan dengan pengembangan sebuah kemampuan).
  • Membangun jaringan koneksi atau kemitraan.
  • Membentuk sebuah karakter diri dengan selalu memperhatikan dan mengarahkan prilaku diri ke arah yang lebih baik.
  • Membuat sebuah perencanaan terhadap segala hal yang akan dilakukan.
  • Menerapkan berbagai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memulai untuk dapat merintis usaha dan mencoba untuk terus mengembangkannya agar dapat menampung pekerja.

Perbedaan Visi dan Misi

VISI

  • Visi merupakan tujuan jangka panjang dan berorientasi pada masa depan.
  • Visi adalah cita-cita, tujuan utama yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan.
  • Pada umumnya visi sifatnya permanen dan sangat berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi.
  • Pada umumnya visi dibuat dalam deretan kalimat yang singkat, padat, jelas, serta dapat mewakili semua hal.
  • Visi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum.

MISI

  • Misi yakni penjabaran tentang strategi, tindakan, dan tahapan dalam upaya merealisasikan visi.
  • Misi merupakan tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
  • Misi dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi namun tetap mengacu pada visi.
  • Misi dibuat dalam bentuk kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dibandingkan visi.
  • Misi ini juga mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus dan juga lebih terperinci.

Tujuan Visi dan Misi

Tujuan Internal Visi dan Misi

  • Membimbing sebuah pemikiran menajemen pada isu-isu strategis, terutama pada saat perubahan signifikan.
  • Bantuan menentukan standar kinerja.
  • Menginspirasi para karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan umum tujuan.
  • Panduan pengambilan sebuah keputusan karyawan.
  • Membantu untuk membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis.

Tujuan Eksternal Visi dan Misi

  • Mintalah dukungan eksternal.
  • Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan mitra aliansi.
  • Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Visi dan Misi : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, Perbedaan, Cara Membuat & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :