√ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 20 votes

√ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Globalisasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

 

1. Emanuel Ritcher

Suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

 

2. Anthony Giddens

Intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

 

3. Laurence E. Rothernberg

Percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

 

4. Malcom Waters

Suatu proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terwujud di dalam kesadaran manusia.

 

5. Martin Albrow

Seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

 

6. Selo Soemardjan

Suatu proses terbentuknya salah satu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk dapat mengikuti sistem dan berbagai kaidah-kaidah tertentu yang sama.

 

7. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

 

8. Achmad Suparman

Suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

 

9. Selo Soemardjan

Suatu proses terbentuknya sebuah sistem organisasi dan suatu komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti sebuah sistem dan suatu kaidah-kaidah tertentu yang sama.

 

10. Edison A. Jamli dkk

Suatu proses yang timbul dari sebuah gagasan, yang selanjutnya ditawarkan suapaya dapat diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan selesai pada suatu titik dari kesepakatan bersama dan menjadi sebuah panutan bersama bagi semua bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

 

11. John Huckle

Sebuah proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang akan berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk semua masyarakat yang ada di daerah yang jauh sekalipun.

Baca Juga :  √ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap

 

12. Achmad Suparman

Sebuah proses yang menjadikan sesuatu benda atau suatu perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa adanya batasan oleh wilayah.

 

13. David Held

Suatu globalisasi yang mengacu pada sebuah pelebaran, memperdalam, dan interkoneksi dipercepat Secara global, pernyataan tersebut diklarifikasikan menjadi Globalisasi bisa ditempatkan dalam suatu kontinum bersama lokal, nasional, dan regional.

 

14. Thomas Larsson

Suatu proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan semuanya terasa menjadi lebih dekat.

Globalisasi yang mengacu pada semakin cepatnya Interaksi yang tidak sulit antara orang dalam suatu satu tempat dengan orang lain yang di seluruh dunia yang lainnya.

 

15. Princenton N. Lyman

Globalisasi sebagai pertumbuhan yang sangat cepat atas dasar hubungan saling ketergantungan dan hubungan antara negaranegara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

 

16. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Dalam arti singkat, globalisasi berarti mendunia.

 

17. Scholte

Suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.

 

18. Lodge

Suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

 

19. Peter Drucker

Bagian dari zaman transformasi sosial di era modern.

 

20. Edison A. Jamli

Sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain.

Pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

 

21. Beerkens

Proses keterkaitan seluruh dunia antara negara-bangsa sebagai salah satu proses yang dapat mempengaruhi pengaturan sosial dasar seperti kekuasaan, budaya, pasar, politik, hak dan nilai, norma, ideologi, identitas, kewarganegaraan serta juga solidaritas.

 

22. Prof. Dr. Mubyarto

Proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar tunggal yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

 

23. Ichlasul Amal

Proses munculnya masyarakat global, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis dan lembaga-lembaga politik dunia.

Baca Juga :  √ Stock Opname : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Periode dan Prosedure Terlengkap

 

24. Tom G. Palmer

Sebagai penyusutan atau penghapusan negara-diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai akibat.

 

25. Laurence E. Rothenberg

Sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.

 

26. Steger

Kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan global dan arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas tidak relevan.

 

27. Lucian W. Pye

Sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia, sehingga menjadi budaya dunia atau worldculture.

 

28. A.G. Mc Grew

Proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

 

29. Sri Budi Eko Wardani

Suatu proses di mana berbagai hubungan-hubungan atau transaksi ekonomi, politik, dan sosial kultural akan makin tak memperhitungkan batas-batas negara dan juga mengaburkan batas kedaulatan suatu negara.

 

30. R. Robertson

Proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.

 

31. Joseph Stiglitz

Integrasi yang lebih dekat dari negara dan penduduk dunia, dibawa oleh pengurangan yang besar oleh biaya transportasi dan komunikasi, dan juga dipatahkannya rintangan buatan untuk arus suatu barang, jasa, modal, pengetahuan dan orang di seluruh perbatasan.

 

32. Takis Fotopoulos

Globalisasi ekonomi ini berperan sebagai suatu pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal dan tenaga kerja yang dapat menyebabkan globalisasi neoliberalini.

Globalisasi politik ini bernama munculnya elit transnasional dan juga keluar pentahapan dari negara-bangsa.

Sedangkan globalisasi budaya ialah sebuah homogenisasi budaya di seluruh dunia.

 

33. Agung Feriyanto

Sebuah proses terintegrasinya bangsa-bangsa di dunia dalam sebuah sistem global yang melintasi batas-batas negara.

 

34. Robert Cox

Kecenderungan menyatunya internasionalisasi suatu produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan beberapa penduduk dari selatan ke utara dalam suatu lingkungan kompetitif baru yang dapat mempercepat proses tersebut, internasionalisasi negara dan juga dapat membuat negara sebagai agen globalisasi yang baru.

Baca Juga :  √ Globalisasi : Pengertian, Penyebab, Contoh, Ciri dan Dampak Terlengkap

 

35. Dr. Nayef R. F. Al-Rodhan

Suatu proses yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural dan transnasional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.

 

36. Merriam Webster Dictionary

Perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

 

37. Bank Dunia (World Bank)

Kebebasan dan kemampuan para individu dan perusahaan untuk dapat memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.

 

38. International Monetary Fund (IMF)

Ditunjukan dengan meningkatnya suatu kesalingtergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang di tandai dengat meningkat dan beragamnya volume suatu transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang secara meluas dan cepat.

 

39. Leonor Briones

Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan wanita.

 

40. Wikipedia Encyclopedia Indonesia

Sebuah istilah yang digunakan untuk dapat menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam suatu perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat secara pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi ini dapat mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan bebas.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 40 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :