√ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap

Diposting pada

√ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Market Share. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap
√ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap

 


Pengertian Market Share Menurut Para Ahli

 

1. Business Dictionary

Market share ialah suatu persentase dari total volume penjualan di pasar yang dikuasai oleh merek, produk, atau perusahaan.

 

2. Griffith & Reenen

Market share yaitu sebuah rasio total penjualan perusahaan jika dibandingkan dengan total penjualan pada industri yang sejenis.

 

3. Philip Kotler

Market share merupakan besarnya bagian penjualan yang dimiliki kompetitor di pasar yang relevan.

 

4. Ketentuan Pasal 1 angka 13 UU Nomor 5 Tahun 1999

Market share yakni salah satu persentase nilai jual atau beli suatu barang atau jasa yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar yang bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

 

5. Baroes

Market share sebagai besarnya bagian pasar yang bisa dikuasai oleh suatu perusahaan yang perhitungannya dinyatakan dalam bentuk persentase.

 


Mengukur Keberhasilan Perusahaan dalam Market Share

Pangsa pasar ialah suatu persentase penjualan yang dicatat oleh perusahaan dari total penjualan pesaing bersama dalam industri tertentu.

Artinya, pangsa pasar adalah salah satu indikator yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibandingkan dengan para pesaingnya.

Baca Juga :  √ Struktur Modal : Pengertian, Faktor, Komponen dan Teori Terlengkap

Sebagai contoh, sebuah perusahaan di tahun 2008 memiliki target pangsa pasar 10% dari total pasar. Untuk mencapai target pasar, diperlukan biaya promosi sebesar Rp40 juta.

Jika ternyata pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 12%), itu berarti kinerja perusahaan berjalan dengan baik.

Sebaliknya, jika pada tahun itu pangsa pasar yang diperoleh hanya 9% maka itu menunjukkan bahwa kinerja pemasarannya tidak baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.

Beberapa faktor yang perlu dieksplorasi dalam memeriksa masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai pangsa pasar yaitu sebagai berikut ini :

  • Ukuran pangsa pasar terlalu tinggi
  • Semakin banyak pesaing baru di industri yang sama
  • Penurunan daya saing perusahaan
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.

 


Strategi Market Share

 

1. Tambahkan Produk serta Layanan Baru

Terdengar begitu sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada perusahaan.

Akan tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat. Anda harus mengerti produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.

Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang ingin membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.

kemudian pertanyaannya apakah Anda bisa memenuhi permintaan dari pelanggan atau tidak.

Cara terbaik untuk meljawab pertanyaan diatas adalah dengan melakukan riset pasar agar dapat mengetahui apa dan berapa jumlahnya yang diinginkan.

 

2. Menjual Produk Kepada Konsumen yang Sudah Ada Dengan Meningkatkan Jumlah

Dengan metode ini, maka Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada.

Kemudian, Anda akan fokus pada penjualan serta strategi marketing yang fokus pada segmen ini. Strategi ini juga terlihat begitu mudah akan tetapi cukup sulit untuk dilakukan guna menganalisis segmentasi pasar.

Baca Juga :  √ 5 Jenis - Jenis Surat Ketetapan Pajak Terlengkap

 

3. Memperluas Area Pasar ke Tempat Baru

Tugas Anda adalah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda juga memerlukan yang namanya riset/ penelitian dilapangan agar produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru.

Di sini, dengan riset/penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar jika baik maka langkah berikutnya ialah memilih lokasi yang strategis untuk mempromosikan produk kepada pelanggan baru.

 

4. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Pada umumnya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan demografi/lokasi tertentu seperti jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan.

 

5. Masuk Pada Sistem Penjualan Baru

Strategi yang satu ini menuntut Anda untuk dapat memasuki ranah dunia bisnis baru yakni ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar dan saat ia berhasil memanfaatkan sebuah teknologi dan sistem online marketing.

Dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bisa juga digunakan untuk memudahkan pelanggan pada dunia internet menemukan produk yang anda jual.

 

6. Mengambilalih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha atau bisnis orang lain yang sudah meningkat atau yang akan menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara untuk peningkatan jumlah pelanggan Anda.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :