Penjualan Adalah

By Guru Ekonomi #analisis penjualan pdf, #apa definisi penjualan, #apa perbedaan pengertian penjualan dan penjualan langsung, #apa yang dimaksud dengan jasa pembelian, #apa yang dimaksud dengan responsive selling, #apakah rencana pemasaran bauran berhasil?, #aplikasi penjualan android, #aplikasi penjualan gratis excel, #arti pasar konsumen, #arti pentingnya penjualan, #bab 2 penjualan, #bab 2. jenis-jenis penjualan, #bagaimana proses transaksi pada e-commerce, #Bentuk - Bentuk Penjualan, #berikut konsep pemasaran kecuali, #buku tentang penjualan, #cara jitu meningkatkan penjualan, #contoh fungsi penjualan, #contoh manajemen penjualan, #contoh pemasaran langsung, #contoh pemasaran langsung brainly, #contoh penjualan, #contoh penjualan jasa, #contoh trade selling, #dimensi penjualan, #faktor faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan, #faktor pendukung penjualan, #faktor penyebab penurunan penjualan, #faktor yang mempengaruhi estimasi promosi, #Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan, #faktor yang mempengaruhi penjualan menurut para ahli 2010, #faktor yang mempengaruhi penjualan menurut para ahli terbaru, #faktor yang mempengaruhi volume penjualan, #faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran, #faktur penjualan, #fungsi dan tugas pemasaran adalah, #fungsi penagihan adalah, #fungsi pengiriman adalah, #Fungsi Penjualan, #fungsi penjualan dalam pemasaran, #fungsi penjualan dalam perusahaan, #fungsi piutang, #ilmu dasar penjualan, #ilmu menjual adalah, #indikator omzet penjualan menurut para ahli, #indikator penjualan, #indikator penjualan menurut para ahli, #istilah faktur penjualan, #jasa pembelian adalah, #jelaskan apa itu pasar dalam pemasaran, #jelaskan definisi dari harga, #jelaskan proses personal selling, #Jenis - Jenis Penjualan, #jenis jenis penjualan, #jenis jenis penjualan menurut basu swasta, #judul skripsi tentang penjualan, #jurnal faktor faktor yang mempengaruhi penjualan, #jurnal pengertian penjualan, #jurnal tentang penjualan, #kekurangan pemasaran online, #kelebihan dan kekurangan penjualan langsung, #keuntungan pemasaran online, #komponen pemasaran online, #konsep penjualan, #latar belakang pemasaran langsung, #macam macam penjual, #macam macam penjualan tunai, #macam macam transaksi penjualan, #makalah penjualan, #manfaat laporan hasil penjualan, #manfaat pemasaran, #manfaat pemasaran brainly, #manfaat pemasaran langsung, #manfaat pemasaran langsung brainly, #manfaat pemasaran secara umum, #manfaat pemasaran tidak langsung, #manfaat pembuatan aplikasi, #Manfaat Penjualan, #manfaat penjualan bagi perusahaan, #manfaat penjualan langsung bagi penjual, #manfaat penjualan langsung bagi penjual kecuali, #manfaat penjualan langsung bagi penjual kecuali brainly, #manfaat penjualan produk, #manfaat potongan penjualan, #manfaat transaksi penjualan, #materi kuliah manajemen penjualan, #meliputi apa sajakah iklan online, #metode perhitungan penjualan kredit, #orientasi pasar penjualan, #orientasi pasar penjualan dan pemasaran, #pemasaran interaktif adalah, #pemasaran tidak langsung adalah, #pembelian adalah, #pengertian berjualan, #pengertian creative selling, #pengertian faktor pemasaran, #pengertian fungsi kas, #pengertian jasa pembelian, #pengertian konsumen aktual, #pengertian marketing dan penjualan, #pengertian menjual, #pengertian pemasaran melalui katalog, #pengertian pembeli, #pengertian pembelian, #pengertian penjual, #Pengertian Penjualan, #pengertian penjualan dalam akuntansi, #pengertian penjualan dan pemasaran, #pengertian penjualan dan pembelian, #pengertian penjualan dan pembelian dalam akuntansi, #pengertian penjualan konsumen, #pengertian penjualan menurut mulyadi (2016), #Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli, #pengertian penjualan menurut para ahli 2017, #pengertian penjualan menurut para ahli 2018, #pengertian penjualan menurut para ahli beserta daftar pustakanya, #pengertian penjualan menurut para ahli dan daftar pustaka, #pengertian penjualan menurut para ahli tahun 2016, #pengertian penjualan menurut para ahli tahun 2017, #pengertian penjualan menurut para ahli tahun 2018, #pengertian penjualan online menurut para ahli, #pengertian penjualan pdf, #pengertian penjualan perantara, #pengertian transaksi penjualan, #penjual disebut juga, #penjualan adalah, #penjualan barang, #penjualan dalam laporan keuangan, #penjualan dan pemasaran, #penjualan menurut para ahli, #penjualan online, #penjualan pengertian, #perdagangan secara elektronik, #proses manajemen penjualan, #proses penjualan, #responsive selling adalah, #salah satu fungsi window display adalah, #sebutkan 2 jenis penjualan, #sebutkan kegiatan dan fungsi-fungsi pemasaran, #sebutkan sikap penjual yang profesional, #sebutkan teknik penjualan, #sebutkan tujuan penjualan kredit, #sistem penjualan, #skripsi faktor faktor yang mempengaruhi penjualan, #skripsi tentang omset penjualan, #skripsi tentang penjualan produk, #skripsi tentang penjualan sepeda motor, #strategi penjualan, #Syarat Penjualan, #technical selling adalah, #teori menjual, #teori pembelian barang, #teori penjualan, #tipe penjualan adalah, #transaksi penjualan, #tujuan dan manfaat penjualan, #tujuan manajemen penjualan, #tujuan menjual, #tujuan pemasaran online, #tujuan pembelian, #tujuan pembuatan aplikasi kasir, #Tujuan Penjualan, #tujuan penjualan kredit, #tujuan penjualan menurut para ahli, #tujuan penjualan menurut para ahli 2014, #tujuan penjualan online, #tujuan umum penjualan, #uraikan mengenai institusional advertising, #urutan kegiatan pemasaran, #urutan proses penjualan, #volume penjualan, #volume penjualan 2016, #volume penjualan indikator, #yang bukan manfaat penjualan langsung bagi penjual adalah, #yang menarik dari dunia penjualan
√ Penjualan : Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Manfaat Terlengkap
√ Penjualan : Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Manfaat Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Penjualan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Penjualan : Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Manfaat Terlengkap


Pengertian Penjualan

Aktivitas penjualan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan terutama untuk mendapatkan keuntungan.

Penjualan merupakan suatu kegiatan yang di tujukan untuk dapat mengembang berbagai rencana yang strategis dapat di arahkan kepada kegiatan usaha memuaskan kebutuhan dan juga keinginan dari pembeli atau konsumen untuk dapat mendapatkan penjualan yang dapat menghasilakan laba dan keuntungan.

Penjualan menjadi salah satu sumber pendapatan yang di dapat oleh seseorang atau suatu perusahaan yang melakukan transaksi jual beli. di dalam suatu perusahaan akan mendapat penghasilan yang besar ketika penjualan yang di dapat semakin besar dan sebaliknya pula jika penjualan sedikit dan berkurang amaka akan mendapat penghasilan semakin berkurang.


Syarat Penjualan

  • Ada barang
  • Ada pembeli
  • Ada jasa
  • Ada alat tukar yang sah

Tujuan Penjualan

  • Mencapai volume penjualan tertentu.
  • Mendapatkan laba tertentu.
  • Menunjang pertumbuhan perusahaan.

Usaha-usaha untuk mencapai ketiga tujuan tersebut tidak sepenuhnya hanya dilakukan oleh pelaksana penjualan atau para tenaga penjualan, akan tetapi dalam hal ini perlu adanya kerja sama dari beberapa pihak diantaranya adalah fungsionaris dalam perusahaan seperti bagian dari keuangan yang menyediakan dana, bagian produksi yang membuat produk, bagian personalia yang menyediakan tenaga kerja.


Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan

1. Kondisi dan Kemampuan Penjual

Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.

Disini penjual harus dapat meyakinkan kepada pembelinya, agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan, untuk maksud tersebut harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan, yakni jenis dan karakteristik yang ditawarkan, harga produk, syarat penjualan seperti pembayaran, penghantaran, pelayanan purma jual, garansi dan sebagainya.


2. Kondisi Pasar

Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.

Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berkut :

  • Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, pasar pemerintah atau pasar internasional.
  • Kelompok pembeli atau segmen pasar.
  • Daya beli.
  • Frekuensi pembelinya.
  • Keinginan dan kebutuhannya.

3. Modal

Untuk memperkenalkan barangnya kepada pembeli atau konsumen diperlukan adanya usaha promosi, alat transportasi, tempat peragaan baik dalam perusahaan maupun diluar perusahaan dan sebagainya. Semua ini hanya dapat dilakukan apabila penjual memiliki sejumlah modal yang diperlukan untuk itu.


4. Kondisi Organisasi Perusahaan

Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ini ditangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang oleh orang-orang tertentu atau ahli di bidang penjualan.

Lain halnya dengan perusahaan kecil, dimana masalah penjualan ditangani oleh orang yang juga melakukan fungsi-fungsi lain.

Hal ini disebabkan karena jumlah tenaga kerjanya sedikit, sistem organisasinya lebih sederhana, masalah-masalah yang dihadapi, serta sarana yang dimilikinya tidak sekomplek perusahaan-perusahaan besar. Biasanya, masalah penjualan ini ditangani sendiri oleh pimpinan dan tidak diberikan kepada orang lain.


5. Faktor Lain

Faktor-faktor lain seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan. Ada pengusaha yang berpegang pada satu prinsip bahwa paling penting membuat barang yang baik.

Bilamana prinsip tersebut dilaksanakan maka diharapkan pembeli akan membeli lagi barang yang sama. Oleh karena itu perusahaan melakukan upaya agar para pembeli tertarik pada produknya.


Manfaat Penjualan

1. Fungsi Perencanaan dan Pengembangan Produk

Pihak penjual harus menawarkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli.


2. Fungsi Mencari Kontrak

Di dalam fungsi ini terdiri dari tindakan mencari serta mengalokasikan pembeli yang dilakukan penjual kontrak dan mempertahankan pembeli.


3. Fungsi Menciptakan Permintaan

Dalam fungsi penciptaan permintaan ini mencakup seluruh usaha yang dilakukan oleh penjual untuk mendorong pembeli untuk membeli produk mereka.


4. Fungsi Mengadakan Perundingan

Syarat dan situasi penjualan harus di rundingkan oleh penjual dan pembeli.


5. Fungsi Kontraktul

Fungsi ini terdiri dari persetujuan akhir untuk melaksanakan penjualan inklusif transfer hak pemilik.1. Fungsi Perencanaan dan Pengembangan Produk.


Jenis-Jenis Penjualan

1. Trade Selling

Penjualan yang dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilakan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka. Hal ini melibatkan para penyalur dengan kegiatan promosi, peragaan, persediaan dan produk baru.


2. Missionary Selling

Penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang – barang dari penyalur perusahaan.


3. Technical Selling

Berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat kepada pembeli akhir dari barang dan jasa.


4. New Businies Selling

Berusaha membuka transaksi baru dengan membuat calon pembeli seperti halnya yang dilakukan perusahaan asuransi.


5. Responsive Selling

Setiap tenaga kerja penjual dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli melalui route driving and retailing. Jenis penjualan ini tidak akan menciptakan penjualan yang besar, namun terjalinnya hubungan pelanggan yang baik yang menjurus pada pembelian ulang.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Penjualan : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis & Faktor Yang Mempengaruhinya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */