√ 12 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Akuntansi Biaya. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

 

1. Kholmi dan Yuninsih

Akuntansi biaya yaitu sebuah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, serta pelaporan yang disertai analisis terhadap berbagai macam biaya-biaya yang berkaitan dengan aktivitas produksi sebuah perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa.

 

2. Rayburn

Akuntansi biaya yakni segala hal yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasikan, mengukur, melaporkan, serta menganalisis segala unsur biaya baik merupakan biaya langsung ataupun tidak langsung yang berkaitan pada proses produksi dan pemasaran barang dan jasa yang diproduksi dalam sebuah perusahaan.

 

3. Bastian dan Nurlela

Akuntansi biaya merupakan suatu bidang ilmu akuntansi yang berfokus untuk mempelajari mengenai cara atau metode untuk mencatat, mengukur, hingga melaporkan informasi mengenai biaya-biaya yang digunakan selama proses produksi.

 

4. Datar, Foster dan Horngren

Akuntansi biaya ialah berbagai bidang ilmu yang mempelajari tentang penyediaan informasi yang dibutuhkan suatu akuntansi keuangan dan menajemen sebuah perusahaan.

 

5. Abdul Halim

Akuntansi biaya adalah beberapa ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang akan dijual di pasar baik itu untuk memenuhi pesanan atau pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang daganan yang akan dijual.

Baca Juga :  √ Etika Bisnis : Pengertian, Aspek, Prinsip, Tujuan, Manfaat dan Contoh Terlengkap

 

6. Armanto Witjaksono

Akuntansi biaya ini akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian.

 

7. Mulyadi

Akuntansi biaya sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara – cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

8. Schaum

Akuntansi biaya ialah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa.

 

9. Carter dan Usry

Akuntansi biaya yaitu sebuah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin strategis.

 

10. R.A Supriyono

Akuntansi biaya yakni segala cabang akuntasi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

 

11. Wikipedia

Akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan dan analisis terhadap biaya-biaya yang berkaitan dengan kegiatan suatu organisasi untuk menghasilkan harang atau jasa.

 

12. Hendi Somantri

Akuntansi biaya merupakan beberapa proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya pembuatan dan penjualan produk, atau penyerahan jasa serta analisis dan penafsiran terhadap hasilnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :