Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Sarjana EkonomiHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Laporan Keuangan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ 20 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

1. Munawir Sjadzali

Laporan keuangan merupakan suatu proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan data keuangan.


2. Sofyan S. Harahap

Laporan keuangan yaitu sebuah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada jangka waktu tertentu.


3. Kasmir

Laporan keuangan yakni beberapa laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan saat ini atau periode berikutnya.


4. Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

Laporan keuangan ialah berbagai bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, meliputi; neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (arus kas, atau arus dana, catatan, dan laporan lain) serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral darinya.


5. M. Sadeli

Laporan keuangan adalah salah satu hasil dari proses akuntasi dan informasi histories yang di dalamnya terdapat proses identifikasi, pengukuran, dan laporan informasi ekonomi sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan yang tepat.


6. Mahmud M. Hanafi dan Abdul Halim

Laporan keuangan sebagai laporan yang diharapkan mampu untuk memberikan informasi perusahaan.


7. Gitman

Laporan keuangan merupakan beberapa laporan tahunan yang dipunyai perusahaan serta harus diberikan pada semua pemegang saham, merangkum sekaligus mendokumentasikan aktivitas keuangan selama satu tahun terakhir.


8. Birgham dan Houston

Laporan keuangan ialah beberapa lembar kertas yang berisikan angka-angka yang tertulis di atasnya.

Baca Juga :  BEP (Break Even Point)

Dan angka tersebut penting guna memikirkan aset-aset nyata yang ada dibalik angka tersebut.


9. Farid dan Susanto

Laporan keuangan yakni serangkaian informasi yang diharapkan mampu untuk memberikan bantuan kepada pemakai dalam membuat keputusan ekonomi yang sifatnya finansial.


10. Kieso et all.

The financial statement most frequently provided are the statement of financial statements position, the income statement or statement of comrehensive income, the statement of cash flows, and the statement of changes in equity. Note disclosures are an integral part of each financial statement.


11. Ikatan Akuntan Indonesia

Financial statement yaitu suatu rangkaian yang menunjukan posisi keuangan serta kinerja keuangan dalam suatu entitas.


12. Sutrisno

Laporan keuangan adalah sebuah hasil akhir dari proses akuntansi yng meliputi dua laporan utama yaitu neraca dan laporan laba rugi.


13. Rodoni

Laporan keuangan sebagai laporan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk para pemegang sahamnya.


14. Bambang Riyanto

Laporan keuangan ialah memberikan ikhtisar mengenai keadaan finansiil suatu perusahaan, dimana Neraca (Balance Sheets) mencerminkan nilai aktiva, utang dan modal sendiri pada suatu saat tertentu, dan laporan Rugi dan Laba (Income Statement) mencerminkan hasil-hasil yang dicapai selama periode tertentu, biasanya meliputi periode satu tahun.


15. Soemarsono

Laporan keuangan yaitu salah satu laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, terutama pihak diluar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan.


16. Jumingan

Laporan keuangan merupakan berbagai hasil tindakan pembuatan ringkasan data keuangan perusahaan.


17. Raharjaputra

Laporan keuangan yakni segala alat yang penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.


18. Irham Fahmi

Baca Juga :  Materi Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah semua informasi yang menggambarkan kondisi suatu perusahaan, dimana selanjutnya akan menjadi suatu informasi yang menggambarkan mengenai kinerja suatu perusahaan.


19. Subramanyam

Laporan keuangan sebagai proses laporan keuangna yang diatur oleh standar dan aturan akuntansi, intensif manajer, serta mengenai mekanisme pelaksanandan juga pengawasan perusahaan.


20. Halfert

Laporan keuangan yaitu sebuah alat yang digunakan dalam memahami masalah danpeluang yang terdapat dalam laporan keuangan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 20 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :