Promosi Adalah

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Promosi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Promosi : Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan dan Jenis Terlengkap


Pengertian Promosi

Promosi berasal dari kata bahasa Inggris promote yang berarti “meningkatkan” atau “mengembangkan”.

Promosi merupakan salah satu variabel dari marketing mix yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk dapat mengadakan komunikasi dengan pasarnya.

Promosi juga sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapat menumbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.

Promosi ialah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untukk membuat kesadaran, memberitahuan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan.

Untuk mengadakan promosi, setiap lembaga harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan.


Fungsi Promosi

1. Informing (Memberikan Informasi)
Promosi adalah cara perusahaan untuk memperkenalkan produk pada para konsumen.

Dengan adanya promosi ini, para konsumen akan mengenal berbagai jenis fitur dan juga manfaat yang terdapat dalam suatu produk tersebut.


2. Persuading (Membujuk)
Sebuah promosi ini biasanya akan membujuk para calon konsumen agar mau mencoba produk barang atau jasa yang ditawarkan.


3. Reminding (Mengingatkan)
Dengan adanya sebuah promosi, para konsumen akan tetap ingat dengan merk suatu perusahaan.

Ketika mereka membutuhkan suatu barang, tanpa sadar mereka ini akan mengingat merk suatu barang yang akan diiklankan sebelumnya.

Pada akhirnya promosi akan sangat menguntungkan sebuah perusahaan.


4. Adding Value (Menambah Nilai)
Perusahaan akan berusaha mempromosikan barang yang mereka jual agar terlihat lebih bagus, lebih bergengsi dan lebih unggul dari barang sejenis yang dijual perusahaan lain.

Sebagai contoh, perusahaan akan berusaha menonjolkan nilai tambah yang ada pada suatu produk, melakukan inovasi, menyempurnakan kualitas ataupun mengubah pandangan jelek konsumen terhadap produk mereka.


5. Assisting (Mendampingi Upaya-Upaya Lain Dari Perusahaan)
Dengan adanya sebuah promosi, bagian penjualan tak perlu lagi bersusah payah lagi untuk menghabiskan banyak waktu untuk dapat menjelaskan keunggulan dari suatu produk yang mereka jual.

Bisa dikatakan bahwa promosi telah banyak membantu berbagai bagian penjualan. Iklan juga dapat membuat apa yang dikatakan oleh pihak penjual terdengar lebih kredibel.


Tujuan Promosi

  • Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
  • Untuk mendapatkan para konsumen baru dan untuk dapat menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan.
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.
  • Untuk sebuah branding atau membentuk citra produk di mata para konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Jenis-Jenis Promosi

1. Iklan (Advertensi)

  • Advertensi Cetak
    Contohnya majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.
  • Advertensi Elektronika
    Contohnya website, radio, tv, dan masih banyak lagi.
  • Transit Advertensi
    Contohnya buletin, poster, stiker dan lain-lain.
  • Kiriman Langsung
    Jenis iklan ini dicetak dan dikirim kepada target secara langsung melalui kiriman pos.
  • Advertensi Khusus
    Jenis iklan ini dilakukan dengan cara memberikan hadiah berupa barang yang diiklankan.

2. Personal Selling

Personal Selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan bisa terjual.

Hal ini lebih ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau memiliki nilai per unit yang sangat tinggi atau yang didesain dengan kebutuhan tertentu.

Dengan melakukan peragaan diharapkan bisa memberikan kepercayaan bagi calon pembeli.

Baca Juga Secara Lengkap : Personal Selling


3. Sales Promotion

  • Sampel (Contoh)
    Contoh produk ini sangat penting dalam sebuah promosi, karena para pembeli jadi tahu seperti apa bentuk dan manfaat dari suatu produk yang ditawarkan.
  • Kupon (Voucher)
    Kupon merupakan salah satu jenis potongan atau diskon yang bisa digunakan untuk membeli sebuah produk dengan harga yang lebih murah.
  • Premi
    Premi artinya suatu barang yang dijual dengan harga yang sangat murah.
  • Paket Harga
    Paket harga merupakan sekelompok barang yang dijual dengan harga khusus (lebih murah daripada harga normalnya).
  • Tawaran Uang Kembali
    Artinya jika ada produk yang telah dibeli tapi harganya tidak sesuai atau mengalami kerusakan, maka uang tersebut akan dikembalikan pada konsumen.
  • Promosi Dagang
    Promosi dagang merupakan salah satu jenis penawaran berupa diskon yang berlaku hanya dalam jangka waktu tertentu.
  • Undian
    Undian merupakan jenis promosi yang dilakukan dengan cara mengajak konsumen untuk mengumpulkan label produk sebanyak-banyaknya, agar kemudian bisa diundi dan memperoleh hadiah.
  • Kontes
    Jenis promosi ini biasanya dapat dilakukan dengan cara mengundang banyak konsumen untuk dapat melakukan perlombaan.

4. Publicity

Publicity ialah sebuah upaya pendekatan pada masyarakat agar jauh lebih dikenal oleh para masyarakat seperti pada, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.


Cara Promosi

  • Promosi melalui reklame atau iklan di media masa seperti surat kabar, majalah, televisi atau juga radio, dll.
  • Promosi melalui brosur, baliho atau spanduk.
  • Promosi melalui pameran atau sponsor kegiatan.
  • Promosi dari mulut ke mulut.
  • Promosi melalui internet dengan memanfaatkan sebuah website atau menggunakan jasa iklan.
  • Promosi melalui perangkat seluler (SMS).

Contoh Promosi

  • Promosi di Restaurant : Beli Makanan A Gratis Minuman Dingin.
  • Promosi Penjualan Retail : Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Kaus Kaki.
  • Promosi Provider Telekomunikasi : Nelpon selama 10 menit dapat Gratis telpon selama 1 jam ke provider yang sama.
  • Promosi Penjualan Property : Beli Rumah Dapat Kulkas dan AC
  • Promosi di Sebuah Department Store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu.

Manfaat Promosi

  • Agar tahu produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Agar tahu tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk.
  • Agar tahu cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai ke konsumen.
  • Agar tahu harga yang sesuai dengan keadaan pasar.
  • Agar tahu strategi promos yang tepat terhadap calon konsumen.
  • Agar tahu konsisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal tersebut.
  • Untuk membuat image produk.

Bauran Promosi (Promotional Mix)

Bauran promosi (Promotional Mix) ialah salah satu kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

Bauran promosi merupakan salah satu alat-alat yang digunakan dalam promosi ini yang terdiri dari :

1. Periklanan (Advertising)
Periklanan (Advertising) merupakan salah satu dari sebuah kegiatan variasi promosi yang digunakan untuk dapat mengkombinasikan berbagai barang atau jasanya dengan para pembeli dan masyarakat yang ditargetkan.

Periklanan (Advertising) ini juga merupakan salah satu alat dari variasi promosi yang populer.

Tujuan dari Periklanan (Advertising) yaitu dengan menjual atau meningkatkan penjualan dengan menyampaikan sebuah informasi tentang barang atau jasa.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah kumpulan alat-alat intensif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk atau jasa cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang.

Kegiatan penjualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan dengan berulang-ulang serta tidak rutin yang ditujukan untuk mendorong lebih cepat respon pasar.

Tujuan promosi penjualan yaitu untuk dapat meningkatkan penjualan atau untuk bisa meningkatkan jumlah nasabah.

Promosi penjualan dapat dilakukan melalui pemberian diskon, kontes, kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung merupakan salah satu sistem pemasaran interaktif yang akan menggunakan satu atau juga lebih media iklan untuk dapat menghasilkan suatu tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuan pemasaran langsung ini adalah untuk bisa mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada para konsumen yang dianggap memiliki potensial yang tinggi.

Kegiatan pemasaran langsung ini juga akan dilaksanakan dengan keterukuran agar jelas usaha mana yang akan berhasil dan mana usaha yang gagal.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Promosi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Bauran, Cara & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :