√ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap

Diposting pada
√ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap
5 (100%) 12 votes

√ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Ilmu Ekonomi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap
√ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap

 

Pengertian Ilmu Ekonomi

 

Ilmu Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari suatu perilaku individu dan masyarakat yang dapat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan berbagai sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk bisa menghasilkan suatu barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak akan terbatas.

Barang dan jasa yang dapat dihasilkan kemudian didistribusikan untuk suatu kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan juga kelompok masyarakat.

 

 

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

 

1. Kegiatan Ekonomi

  • Produksi yakni salah satu kegiatan yang berkaitan dengan berbagai usaha untuk menambah nilai guna dari barang dan jasa. Aktivitas ini adalah pengumpulan sumber daya (SDM dan SDA), modal, dan keahlian
  • Konsumsi merupakan aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa. Hal ini ditentukan oleh tingkat penghasilan dan nilai kebudayaan masyarakat.
  • Distribusi yaitu suatu kegiatan yang berkaitan dengan penyebaran barang atau jasa yang diproduksi.

 

2. Tindakan Ekonomi

Ini merupakan salah satu usaha manusia untuk bisa memilih hal-hal terbaik dan juga menguntungkan bagi mereka sesuai dengan kemampuannya.

Baca Juga :  √ Koperasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Modalnya Lengkap

Tindakan ekonomi ini dilakukan berdasarkan dua aspek, yaitu seperti berikut :

  • Tindakan Rasional ialah yang berkaitan dengan usaha manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan dan sesuai dengan kenyataan.
  • Tindakan Irasional adalah hal yang berkaitan dengan usaha manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, namun tidak sesuai dengan kenyataan.

 

3. Motif Ekonomi

Ini merupakan suatu tujuan atau alasan manusia dalam melakukan berbagai tindakan ekonomi.

Dalam motif ekonomi terdapat dua aspek, yaitu sebagai berikut :

  • Motif Intrinsik ialah alasan atau tujuan yang bersumber dari diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi.
  • Motif Ekstrinsik merupakan suatu alasan atau tujuan yang bersumber dari orang lain untuk melakukan tindakan ekonomi.

 

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

  • Metode Induksi yakni salah satu metode yang dilakukan berdasarkan berbagai kejadian ekonomi yang disusun secara sistematis sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum.
  • Metode Deduksi yaitu suatu metode yang dilakukan berdasarkan teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan khusus.

 

 

Manfaat Ilmu Ekonomi

 

  • Memberikan masukan dalam pengambilan keputusan terhadap tindakan-tindakan ekonomi.
  • Membantu manusia dalam memahami pola perilaku ekonomi suatu masyarakat.
  • Membantu memberikan pengertian tentang potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi.
  • Meningkatkan kepekaan manusia terhadap masalah ekonomi dan global.

 

 

Tujuan Ilmu Ekonomi

 

  • Dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan.
  • Membantu pelaku ekonomi untuk menganalisis pola perilaku konsumtif masyarakat.
  • Memberikan pengertian tentang potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi.
  • Menumbuhkan kepekaan tentang ekonomi global terhadap masyarakat.

 

 

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

 

1. Ekonomi Makro ( Macroeconomic )

Ekonomi makro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai keseluruhan dari perilaku ekonomi yang pada pemakaian efisien dan berbagai factor produksi dengan suatu tujuan kemakmuran masyarakay yang maksumum.

Baca Juga :  √ 20 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap

Ekonomi makro ini juga dapat di ukur melalui tingkat pendepatan konsumen. Hal ini juga sangat menjadi alasan mengapa makroekonomi sebagai teori pendapatan.

 

2. Ekonomi Mikro ( Microeconomic )

Ekonomi mikro yaitu suatu ilmu ekonomi yang membepajari aspek individual dari suatu ekonomi.

Analisis yang perlu adalah analisis produsen dan analisis konsumen untuk suatu pasar tertentu. Ekonomi mikro adalah penentuan harga itu karena mikroekonomi menjadi teori harga.

 

 

Pelaku Ekonomi

 

1. Rumah Tangga Keluarga

Rumah Tangga keluarga merupakan salah satu pelaku ekonomi yang memiliki ruang lingkup terkecil. Anggota Pelaku ekonomi ini juga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak.

Adapula individu yang bukan anggota langsung dari salah satu keluarga tersebut namun tetap akan dianggap anggota rumah tangga keluarga dan terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi keluarganya, misalnya nenek, kakek, saudara, atau juga pembantu.

 

2. Masyarakat

Masyarakat ialah sebagai produsen merupakan salah satu anggota kelompok yang akan menghasilkan pendapatan dengan menjual produksi produk barang atau jasa, misalnya berdagang, membuat kerajinan, hewan ternak, dsb.

 

3. Perusahaan

Perusahaan yakni suatu badan usaha yang menjalankan suatu kegiatan untuk dapat menghasilkan suatu produk barang atau jasa dengan tujuan utama memperoleh sebuah keuntungan.

Perusahaan yang sering dikaitkan dengan rumah tangga. Namun terdapat beberapa perbedaan yang sangat besar antara perusahan dan rumah tangga, yaitu dari segi tujuannya.

Tujuan Utama dari Rumah Tanga Keluarga ialah untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan tujuan utama dari perusahaan adalah untuk dapat memperoleh keuntungan.

 

4. Pemerintah

Pemerintah merupakan salah satu lembaga kepemerintahan yang bertugas untuk bisa memantau kegiatan ekonomi yang berjalan.

Baca Juga :  √ Bisnis : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, Konsep, Manfaat dan Tujuan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :