√ Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Faktor dan Indikator Terlengkap

Diposting pada

√ Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Faktor dan Indikator Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Lingkungan Kerja. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Faktor dan Indikator Terlengkap
√ Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Faktor dan Indikator Terlengkap

 

Pengertian Lingkungan Kerja

 

Lingkungan kerja merupakan suatu kehidupan sosial, psikologi, dan fisik dalam perusahaan yang berpengaruh terhadap pekerja dalam melaksanakan tugasnya.

Lingkungan yang aman dan nyaman akan dapat membuat pekerjaan lebih mudah di lakukan dan mendapat hasil yang baik yang sesuai dengan yang di harapkan oleh perusahaan.

 

 

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

 

1. Nitisemito

Lingkungan kerja ialah sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

 

2. Bambang

Lingkungan kerja yaitu salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja dengan maksimal akan menghasilkan kinerja yang baik.

Sebaliknya jika seorang pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak mendukung dan memadai, maka untuk bekerja dengan maksimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi cepat malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.

 

3. Sedarmayanti

Lingkungan kerja yakni kondisi lingkungan kerja bisa disebut baik atau sesuai jika manusia bisa menjalankan aktivitas dengan optimal, sehat, amakan dan nyaman.

 

4. Schultz & Schultz

Lingkungan kerja ialah suatu kondisi yang berkaitan dengan ciri-ciri dari tempatnya melakukan pekerjaan terhadap prilaku dan sikap yang di berikan pekerja di mana hal itu berhubungan dengan proses terjadinya berbagai perubahan psikologis yang di sebabkan oleh hal yang di alami di dalam pekerjaannya atau di dalam kondisi tertentu yang perlu mendapat perhatian yang lebih oleh organisasi yang bisa memberikan kebosanan dalam berkerja, kerja yang selalu monoton serta kelelahan kerja.

 

5. Lewa & Subowo

Lingkungan kerja harus mempunyai desain yang sedemikian rupa supaya pekerja bisa menciptakan hubungan kerja yang mengikat para pekerja terhadap lingkungannya.

 

 

Jenis – Jenis Lingkungan Kerja

 

1. Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik yakni semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat disekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung.

Lingkungan kerja fisik dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu sebagai berikut :

  • Lingkungan kerja yang langsung berhubungan dengan pegawai seperti pusat kerja, kursi, meja, dan sebagainya.
  • Lingkungan perantara atau lingkungan umum dapat juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia misalnya temparatur, kelembaban, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, bau tidak sedap, warna dan lain-lain.

Untuk dapat memperkecil penguruh lingkungan fisik terhadap karyawan, maka langkah pertama harus mempelajari manusia, baik mengenal fisik dan tingkah lakunya, kemudian digunakan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yang sesuai.

 

2. Lingkungan Kerja Non Fisik

Lingkungan kerja non fisik ialah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan, maupun hubungan dengan sesama rekan kerja ataupun hubungan dengan bawahan.

Perusahaan hendaknya dapat mencerminkan kondisi yang mendukung kerja sama antar tingkat atasan, bawahan maupun yang memiliki status yang sama.

Kondisi yang hendaknya diciptakan adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik, dan pengendalian diri. Jadi lingkungan kerja non fisik ini juga merupakan kelompok lingkungan kerja yang tidak bisa diabaikan.

 

 

Indikator Lingkungan Kerja

  • Penerangan maupun cahaya ditempat kerja
  • Temperature suhu udara di tempat kerja
  • Kelembapan udara di tempat kerja
  • Sirkulasi udara di tempat kerja
  • Getaran mekanis ditempat kerja
  • Bau yang tidak sedaap ditempat kerja
  • Tata warna di tempat kerja
  • Dekorasi di tempat kerja
  • Music di tempat kerja
  • Keamanan di tempat kerja

 

 

Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

  • Bangunan tempat kerja
  • Ruang kerja yang lega
  • Ventilasi pertukaran udara
  • Terdapat tempat-tempat ibadah keagamaan
  • Terdapat saranan angkungan khusus ataupun secara umum untuk karyawan menjadi nyaman dan mudah.

 

 

Manfaat Lingkungan Kerja

  • Pekerjaan bisa selesai dengan tepat ialah menyelesaikan pekerjaan atau tugas sesuai dengan standar yang benar dan dalam skala waktu yang telah ditentukan.
  • Prestasi kerja pegawai atau pekerja akan langsung dipantau oleh individu yang bersangkutan tersebut dan tak akan memberikan banyak dampak pengawasan yang kemudian semangat juang pegawai atau pekerja menjadi akan tinggi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Faktor dan Indikator Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 25 Pengertian Humas Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Waralaba, Jenis, Tipe, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Negara Berkembang : Pengertian, Ciri, Faktor, Dampak dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap