√ 11 Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 11 Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Personal Selling. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 11 Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 11 Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli

 

1. Eric N. Berkowitz

Personal selling ialah komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual yang bertujuan untuk memengaruhi keputusan pembelian seseorang atau sekelompok orang.

 

2. Abdurrahman

Personal selling yaitu presentasi pribadi oleh salesman dari perusahaan dengan tujuan untuk melakukan penjualan dan membangun hubungan dengan konsumen.

 

3. Henry Simamora

Personal selling yaitu penyajian lisan atau presentasi didalam sebuah percakapan dengan satu atau lebih calon konsumen dengan tujuan agar konsumen melakukan pembelian.

 

4. Basu Swasta DH dan Irawan

Personal selling sebagai upaya presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan.

 

5. Pride dan Ferrel

Personal selling yakni suatu komunikasi pribadi yang mencoba untuk menginformasikan kepada pelanggan dan membujuk mereka untuk membeli produk dalam situasi pertukaran.

 

6. Tjiptono

Personal selling ialah komunikasi secara langsung (bertatap muka) antara penjual dengan calon konsumen untuk memperkenalkan produk dan membentuk pemahaman konsumen terhadap produk sehingga mereka akan mencoba untuk membelinya.

Baca Juga :  √ Shareholder : Pengertian, Contoh, Teori dan Perbedaan Terlengkap

 

7. William G. Nickel

Personal selling merupakan interaksi antara individu, saling bertatap muka yang bertujuan untuk menciptakan, memperbaik, menguasai serta mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.

 

8. Mc Daniel

Personal selling merupakan suatu komunikasi langsung antara perwakilan penjual dengan satu atau lebih calon konsumen untuk mempengaruhi satu dengan lainnya dalam kondisi pembelian.

 

9. Alma

Personal Selling ialah Strategi Pemasaran tatap muka adalah sebuah pengungkapan secara lisan dalam menghadapi seorang atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk menciptakan penjualan.

 

10. Kotler dan Amstrong

Personal Selling yakni presentasi pribadi oleh para wiraniaga (tenaga penjual) perusahaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.

 

11. Sutisna

Personal selling yaitu aktivitas komunikasi antara produsen yang diwakili oleh pihak manajemen pemasaran dengan konsumen yang potensial, dengan melibatkan pikiran, emosi dan face to face.

 

 

Kelebihan Personal Selling

 

  • Penjualan secara bertatap muka itu lebih fleksibel dan mudah untuk disesuaikan berdasarkan dari keinginan dan reaksi konsumen terhadap produk yang dipromosikan.
  • Personal selling memiliki perbedaan dari alat promosi yang lain dimana dalam melakukan proses penjualan, personal selling akan betemu langsung dengan calon konsumen.
  • Salesman dapat mendemonstrasikan manfaat produk secara langsung kepada calon pembeli sekaligus menunjukkan kelebihan produk tersebut.
  • Dapat memberikan jawaban secara langsung atas pertanyaan calon pembeli dan juga memberikan penjelasan produk secara mendetail sehingga dapat membuat mereka tertarik untuk membeli.
  • Dengan personal selling, salesman dapat mengunjungi pelanggan dengan teratur untuk melakukan maintance pelanggan.
  • Dapat memberikan bantuan nasehat kepada konsumen mengenai barang yang akan mereka beli.

 

 

Kekurangan Personal Selling

 

  • Biaya operasional dari personal sangat tinggi karena pesan tidak dapat dilakukan secara masal karena bersifat pribadi berdasarkan pada tatap muka dengan calon pembeli.
  • Sangat sulit mencari tenaga salesman yang berpengalaman dan ahli dibidangnya
  • Kegiatan personal selling membutuhkan waktu yang relatif lama dimulai dari perkenalan hingga terjadinya transaksi pembelian
    Keterbatasan untuk menjangkau dan menemui calon pembeli.
Baca Juga :  √ 25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 11 Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :