√ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Kredit. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli

 

1. Undang-undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 Pasal 1 Tentang Kredit

Kredit ialah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antar bank dengan pihak lain yang dapat mewajibkan para pihak peminjam juga melunasi utangnya setelah dalam jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

 

2. Hasibuan

Kredit adalah semua jenis pinjaman yang harus dibayar kembali bersama bunganya oleh peminjam sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

 

3. Santosa Sembiring

Pemberian kredit merupakan suatu penyediaan uang atau tagihan berdasarkan persetujuan pinjam meminjam yang mewajibkan untuk melunasinya dalam jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

 

4. Rivai

Kredit yaitu suatu penyerahan barang, jasa, atau uang dari satu pihak (kreditur atau juga pemberi pinjaman) atas dasar sebuah kepercayaan kepada pihak lain (nasabah atau pengutang) dengan suatu janji membayar dari para penerima kredit kepada para pemberi kredit pada tanggal yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

 

5. Sastradipoera

Kredit yakni suatu penyediaan uang atau tagihan (yang disamakan dengan uang) berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam antara bank dan pihak lain yang dalam hal ini peminjam berkewajiban melunasi kewajibannya setelah jangka waktu tertentu dengan (biasanya) sejumlah bunga yang ditetapkan lebih dahulu.

Baca Juga :  √ Manajemen Risiko : Pengertian, Manfaat, Tujuan,Tahapan & Jenisnya Lengkap

 

6. Brymont P. Kent

Kredit yakni hak untuk menerima pembayaran atau kewajiban melakukan pembayaran pada waktu diminta atau pada waktu yang akan datang, karena penyerahan barang-barang pada waktu sekarang.

 

7. Rolling G. Thomas

Kredit yaitu kepercayaan si peminjam untuk membayar sejumlah uang pada masa yang akan datang.

 

8. Amir R. Batubara

Kredit ialah pemberian prestasi yang kontra prestasinya akan terjadi sejumlah uang di masa yang akan datang.

 

9. Firdaus dan Ariyanti

Kredit merupakan sebuah reputasi yang dimiliki seseorang yang dapat memungkinkan ia bisa memperoleh uang, barang-barang atau juga tenaga kerja, dengan jalan menukarkan dengan suatu perjanjian untuk dapat membayarnya disuatu waktu yang akan datang.

 

10. Anwar

Kredit ialah pemberian prestasi (jasa) oleh pihak yang satu ke pihak yang lain dan prestasinya dikembalikan dalam jangka waktu tertentu bersama uang sebagai kontraprestasinya (balas jasa).

 

11. Thomas Suyatno

Kredit adalah penyediaan uang yang disamakan tagihan-tagihannya yang sesuai dengan persetujuan antara peminjam dan meminjamkan.

 

12. Muljono

Kredit yakni suatu kemampuan untuk dapat menjalankan pembelian atau melaksanakan suatu pinjaman dengan perjanjian untuk dapat membayar di waktu yang telah ditentukan.

 

13. Dr. Al-Amin Ahmad

Kredit yakni membayar hutang yang dilakukan secara berangsur-angsur pada tempi yang ditetapkan atau ditentukan.

 

14. Kasmir

Kredit ialah suatu pembiayaan yang bisa berupa uang ataupun tagihan yang nilainya bisa ditukar dengan uang.

 

15. Henry Dunning

Kredit ialah saat yang dimana seseorang memberikan suatu jasa atas perjanjian untuk pembayarannya.

 

16. Undang – Undang No 7 1998

Kredit yakni suatu penyediaan tagihan dan uang yang bisa disamakan yang berdasarkan dengan kesepakatan atau persetujuan pinjam meminjam anata pihak bank dengan pihak lainnya dan untuk mewajibkan peminjam untuk melunasi hutangnya dengan jumlah bunga, imbalan atau bagi hasilnya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  √ Neraca : Pengertian, Unsur, Bentuk, dan Manfaat Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 16 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :